• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

BPJS Sleman Melakukann Pelayanan Jemput Bola

21 August
10:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Untuk mempermudah pelayanan jaminan kesehatan JKS kepada masyarakat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Sleman melakukan jemput bola membuka pelayanan keliling di Kecamatan Kalasan Sleman.

Petugas BPJS kesehatan cabang Kabupaten Sleman Yeni Eka Lestari  ditemui RRI di halaman Kantor Kecamatan Kalasan mengatakan, BPJS Kesehatan Sleman melakukan mobile Customer Service secara keliling di kecamatan di Wilayah Kabupaten Sleman.

"Customer Service yaitu melayani pendaftaran  peserta baru, perubahan data baik merubah Askes Indentitas maupun kelas, keaktifan kartu juga ada informasi pengaduan," jelasnya, Selasa (20/8/2019).

Yeni Eka Lestari mengatakan, tujuan jemput bola membuka pelayanan keliling di Kecamatan di wilayah Kabupaten Sleman yakni untuk mempermudah pelayanan pesehatan kepada masyarakat khususnya warga kabupaten Sleman tidak harus datang di Kantor BPJS Cabang Sleman. Selain itu, juga untuk mengurangi kepadatan di kantor agar tidak begitu ramai.

"Kami menghimbau kepada Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja diharapkan untuk rutin melakukan pembayaran agar tidak ada tunggakan dan kepesertaannya selalu aktif," ujarnya.

Lebih lanjut Yeni  mengatakan,  BPJS Mandiri preminya kelas Satu setiap bulan sebesar  80 ribu per orang, kelas Dua 51 ribu dan kelas Tiga 25 ribu 500. Sedangkan pembayaran BPJS Cabang Sleman bekerjasama dengan BNI, BRI, BCA dan Bank Mandiri. Sedangkan  peserta dari perusahaan swasta,  PNS dan POLRI dipotongkan dari gaji.

"Untuk pelayanan dimulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, dan rata-rata yang melakukan pengurusan BPJS Kesehatan perhari mencapai kisaran 50 peserta dan mayoritas melakukan pengurusan pendaftaran baru dan perubahan data," ujar Yeni.

Semenatara itu, Saduwi warga Desa Purwomartani mengatakan, dengan adanya pelayanan jemput bola Jaminan Kesehatan (JKN) dari BPJS cabang Sleman  mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

"Kami sangat menyambut baik karena tidak harus datang ke kantor Cabang Sleman karena bisa menghemat waktu maupun biaya transportasi. Tapi sayangnya di kecamatan Kalasan hanya dibuka sehari dan waktunya hanya Lima jam," pungkas Saduwi. (yon/mrt/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00