• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan dan Keamanan

KSAD Jenderal Andika Perkasa Orasi Kebangsaan di UGM

9 August
21:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa Jumat sore melakukan orasi kebangsaan pada penutupan Orientasi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM di Lapangan Graha Sabha Pramana, Jum’at sore (9/8/2018).

Dalam orasinya KSAD Jenderal Andika Perkasa mengajak mahasiswa untuk ikut membangun indonesia dengan lekas bekerja setelah lulus nantinya.

“Untuk memajukan negara hanya ada satu cara, yaitu setelah lulus kita semua harus bekerja sesuai bidang yang kita kuasai. Itulah bentuk pengabdian kita kepada negara, rasa cinta kita epada tanah air, tidak dengan cara lain. Membela negara, menjaga negara kesatuan, bentuknya itu dulu khusus untuk adik-adik Gajahmada Muda. Jadi kita harus berhasil,” tegas KSAD kepada 8.408 mahasiswa baru UGM.

Jenderal Andika Perkasa juga mengundang dua orang mahasiswa yang berasal dari Lombok Timur dan Mataram, Nusa Tenggara Barat. Selanjutnya KSAD menelpon orang tua masing-masing untuk menyampaikan langsung harapan mereka pada anaknya setelah diterima kuliah di UGM. Menurut Andika, harapan orangtua merupakan motivasi terbaik bagi seorang anak.

“Saya diminta oleh pak rektor UGM untuk memberikan motivasi, tidak ada yang lebih melekat di kepala mereka selain mengingatkan harapan orangtua maupun keluarga. Makanya saya tadi usahakan langsung dengarkan dari orangtua mereka, dan itu spontan. Saya kirim Babinsa kesana, dan itulah murni harapan orangtua mahasiswa baru UGM,” jelas Jenderal Andika Perkasa.

Usai orasi, KSAD mengatakan kepada wartawan, memahami Pancasila adalah mutlak bagi mahasiswa tetapi penerapan dari pemahaman itu jauh lebih penting. Sebab, belajar maksimal dan mengurangi pengangguran sudah merupakan kontribusi besar yang bisa diberikan mahasiswa kepada bangsa dan negara.

“Yang penting aplikasi sehari-hari, mereka menyelesaikan pendidikan lalu bekerja jangan sampai drop out, itu saja sudah memberikan kontribusi, ketahanan dan kekuatan bangsa Indonesia. Karena kalau pengangguran berkurang, itu aplikasi yang tampak didepan mereka semua,” tambah Jenderal Andika.

Pada penutupan PPSMB itu, sebanyak 8.408 mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) membentuk 10 formasi logo alam ukuran besar di lapangan Grha Sabha Pramana.

Mereka memakai caping berwarna merah dan putih, kertas asturo dan pom-pom, berkreasi membentuk formasi agar mirip dengan simbol persatuan dari setiap sila pancasila. Kesepuluh formasi yang dibentuk diantaranya formasi gambar peta Indonesia, formasi garuda pancasila, masing-masing sila dan gambar Soekarno Hatta. (mun/yyw).

  • Tentang Penulis

    Munarsih Sahana

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00