• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

20 Tim Siap Awasi Hewan Kurban di Klaten

24 July
19:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Klaten : Tim pengawas hewan kurban Bidang  Peternakan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten siap menerjunkan 20 tim monitoring  untuk mengawasi  hewan Kurban di pasar hewan dan pengepul, guna  mengantisipasi timbulnya penyakit  'Zonosis'.

Kasi Pengembangan Usaha Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKPP Klaten, Tri Yanto mengatakan,untuk mengantisipasi penyakit zonosis terhadap hewan kurban  akan melibatkan  petugas dari Bidang Peternakan dan petugas Peternakan UPTD Kecamatan.  Mereka akan melakukan monitoring dan pengawasan hewan kurban yang tersebar di 26 Kecamatan.

Menurut Tri Yanto, setiap tim terdiri 5 hingga 6 personil bertugas memantau  tempat-tempat pengepul Hewan Kurban dan di sejumlah pasar Hewan di Klaten.

"Monitoring d lakukan sebelum Hari Raya Idhul Adha 1440 Hijriyah, dengan tujuan agar hewan yang disiapkan untuk kurban benar benar sehat. Karena menyangkut dengan keagamaan, maka hewan yang akan di sembelih harus sehat dan aman untuk di komsumsi masyarakat  dan tidak berpenyakit," ungkapnya,Rabu (24/7/2019).

Lebih lanjut Tri yanto mengatakan, 20 Tim Bidang Peternakan Klaten tersebut akan memonitoring sekitar 75  pengepul atau penyedia  hewan kurban seperti Sapi dan kambing.  Selain itu  juga disediakan domba sejumlah Pasar pasar hewan seperti pasar Hewan Prambanan, Pasar  Plumbon, Pasar  Jatinom maupun Lainnya.  Selanjutnya petugas Juga melakukan Pemeriksaan antemortem seperti kondisi kulit, tubuh, penyakit batuk dan postmortem.

Ia menambahkan, pada tahun 2018 Hewan Kurban sebanyak 24 Ribu 332 ekor meliputi sapi 7 ribu 549 ekor, kambing 10 ribu 81 ekor, domba 6 ribu 202 ekor dan tahun ini hewan kurban di Klaten diperkirakan  akan meningkat dibadingkan tahun 2018 lalu. (yon/edy/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00