• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Dinas Peternakan Perketat Pemeriksaan Kesehatan Sapi

22 July
18:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Klaten : Untuk mengantisipasi adanya hewan berpenyakit Zonosis menjelang Idhul Adha tahun 2019, UPTD Peternakan Dinas Pertanian Klaten memperketat pemeriksaan kesehatan sapi yang masuk di Pasar Hewan Prambanann Klaten.

Petugas Teknis Peternakan Dinas Pertanian Klaten, Margito di Pasar Hewan Prambanan Klaten     mengatakan,  dengan semakin dekatnya Hari Raya Idhul Adha maka pemeriksaan kesehatan sapi yang masuk di Pasar Hewan Prambanan Klaten kini lebih diperketat untuk menjamin bahwa ternak sapi yang di jual di Pasar Prambanan  sehat.

"Dalam pemeriksaan kesehatan sapi di pasar hewan tersebut  petugas menemukan 10 ekor  sapi berpenyakit Kas Kado di bagian mata dan langsung diobati dengan obat gusanek dengan cara disemprotkan ke bagian mata yang luka atau terkena penyakit Kas Kado tersebut," ungkapnya, Senin (22/7/2019).

Ia menghimbau kepada para pedagang sapi untuk menjual ternak yang sehat karena ternak yang sehat akan tercipta daging yang asuh yakni aman, sehat dan halal.

Lebih lanjut Margito mengatakan, dengan semakin dekatnya Hari Raya Idhul Adha, sapi yang masuk di Pasar Hewan Prambanan juga meningkat kisaran 15 persen, seperti pasaran Pon mencapai sekitar 400 hingga 450 ekor sapi, sedangkan untuk pasaran Legi, sapi yang masuk kisaran 300 hingga 350 ekor" jelasnya.

Sedangkan harga sapi juga terus merangkak naik, yang sebelumnya naik  kisaran 1 juta hingga 1,5 juta per ekor,  saat ini mengalami kenaikan hingga 2 juta per ekor seperti sebelumnya harga sapi 17 juta menjadi 18 juta hingga 18 ,5 juta, saat ini menjadi 19 juta per ekor. (yon/joel/yyw).

  • Tentang Penulis

    Yon Mujiyono

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yuliyanta

    RRI Yogyakarta&amp;amp;amp;lt;br /&amp;amp;amp;gt;&amp;amp;amp;lt;br /&amp;amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00