• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Menkes: RSUP Sardjito Bisa Dijadikan Pilot Project Pelayanan Lansia

22 July
17:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Menteri Kesehatan Prof. Nila F Moeloek mengunjungi RSUP DR Sardjito dalam rangka meninjau pelayanan geriatri atau poliklinik khusus lansia, pada Senin (22/7/2019).

Kunjungan itu diharapkan dapat memberikan motivasi bagi RSUP Dr Sardjito dan bagi Indonesia bahwa pelayanan kepada lansia merupakan layanan yang perlu dikembangkan dan diperhatikan secara serius. 

Pertumbuhan jumlah lansia di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 400 persen pada tahun 2025, tertinggi di dunia. Yogyakarta sendiri memiliki lansia sekitar 13 persen, tertinggi di Indonesia, selain itu Yogyakarta juga memiliki usia harapan hidup tertinggi di Indonesia.

Karena itu, Menteri Kesehatan menilai, RSUP DR Sardjito cocok untuk dijadikan proyek percontohan layanan geriatri. 

“Usia harapan hidup paling tinggi se-Indonesia adalah Yogyakarta. Sekitar 13 persen orang Yogyakarta adalah lansia. Saya kira tepat kalau RSUP DR Sardjito ini dijadikan Pilot Project pelayanan lansia. Apalagi Sardjito juga mengembangkan Academic Health System hingga ke Puskesmas,” jelas Menteri Nila F Moeloek. 

Sementara itu, Direktur Utama RSUP Dr Sardjito DR.dr. Darwito yang didampingi oleh jajaran manajemen lainnya, menyampaikan bahwa RSUP Dr Sardjito berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi lansia melalui pelayanan yang lebih komprehensif dari berbagai disiplin ilmu kedokteran.  

“Apalagi dengan jumlah kunjungan sekitar 1620 orang dalam tahun 2018 ini, maka kedepan diharapkan layanan itu mampu terus meningkatkan harapan hidup dan kesehatan lansia,” kata DR Darwito yang juga ahli penyakit kanker. 

Salah satu terobosan layanan yang sedang dikembangkan antara lain pelatihan layanan geriatric, Pelatihan persiapan pra pensiun, Pendidikan tenaga caregiver, dan Pelayanan Penitipan Lansia. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan lansia dan memberikan kemudahan bagi para Lansia. 

Sedangkan Kepala Poliklinik Geriatri RSUP Dr Sardjito, Dr. dr. Probosuseno, Sp.PD, mengatakan, secara umum golongan lansia Indonesia saat ini masih banyak yang berkualitas rendah dan menyandang 3 penyakit sekaligus. (mun/joel/yyw).

  • Tentang Penulis

    Munarsih Sahana

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yuliyanta

    RRI Yogyakarta<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00