• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Dinas Kesehatan Sleman Waspadai Penyakit Udara Dingin

16 July
12:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman :  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dokter Djoko Hastaryo, mengingatkan masyarakat mewaspadai udara dingin, karena rentan bagi munculnya penyakit individual maupun massal.  

Peringatan perlunya masyarakat mewaspadai udara dingin yang masih berlangsung hingga saat ini, diungkapkan kepala dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Dokter Djoko Hastaryo, di Beran Selasa, (16/7/2019).

Kondisi udara dingin dapat memicu munculnya sejumlah kasus penyakit,  mulai penyakit individual seperti radang sendi, asthma (asma) dan penyakit gigi serta  kasus penyakit massal seperti hepatitis, diare maupun Ispa.

Dari kasus kunjungan rumah sakit  dan puskesmas di Sleman,  saat ini untuk kasus asthma, sakit gigi dan radang sendi maupun ispa, meningkat untuk seluruh wilayah Sleman, termasuk juga untuk kasus penyakit pencernaan seperti diare,  sedang untuk kasus hepatitis di Sleman masih nihil, karena dari dua terduga kasus hepatitis yang diperiksa ternyata hasilnya negatif.   

"Meski demikian, tetap mewaspadai sebaran hepatitis ke Sleman karena di kabupaten tetangga di DIY, terdapat kasus luar biasa hepatitis A, sehingga kita perlu melakukan langkah antisipatif," ujarnya.   

Mengantisipasi penularan kasus penyakit cuaca dingin, masyarakat diminta meningkatkan pola hidup bersih dan sehat,  seperti selalu cuci tangan ketika akan  makan dan minum dan peralatannya juga benar-benar bersih, serta makanan yang dikonsumsi dimasak dengan benar dan sehat. (kus/joel/yyw).

  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yuliyanta

    RRI Yogyakarta<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00