• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan dan Keamanan

Polres Klaten Antisipasi Warga ke Jakarta Terkait Sidang Putusan MK

26 June
17:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Klaten : Polres Klaten menghimbau  kepada masyarakat untuk tidak datang ke Jakarta untuk mengawal sidang putusan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis, 27 Juni besuk, dan untuk hasil sidang putusan cukup diserahkan kepada MK.

Wakapolres Klaten, Kompol Zulfikar Iskandar kepada wartawan mengatakan,  dukungan terhadap putusan sidang tersebut bisa dilakukan di rumah masing- masing. 

Masyarakat cukup memberikan doa agar Indonesia selalu diberi kebaikan. Sedangkan untuk hasil sidang putusan cukup diserahkan kepada MK. 

“Agar masyarakat tidak usah ke Jakarta karena bisa terjadi kerusuhan, itu untuk antisipasi yang sudah terjadi sebelumnya sebaiknya warga Klaten cukup memantau dari rumah masing-masing,” pinta Wakapolres, Rabu (26/6/2019).

Dikatakannya,  beberapa upaya sudah dilakukan guna mencegah pergerakan massa ke Jakarta. Salah satunya dengan mengadakan pendekatan persuasif kepada tokoh agama dan sejumlah ormas.  

Pihaknya juga telah mengintruksikan Bhabinkamtibmas agar terus memberikan himbauan kepada masyarakat dan hingga  sampai saat ini belum ada informasi adanya masyarakat yang hendak berangkat ke Jakarta.

Kita terus melakukan pendekatan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat,” tandasnya.

Lebih lanjut Kompol Zulfikar mengatakan, selain itu polisi  juga  mengadakan razia terus di sejumlah titik. Total personil yang disiagakan sekitar 200 orang dengan melibatkan semua fungsi jajaran. 

Pihaknya mengaku razia tersebut bukan membatasi pergerakan masyarakat, melainkan guna meningkatkan kondusifitas menjelang sidang putusan tersebut.

“Kita terus akan melakukan razia rutin  karena kita ingin situasi di Klaten tetap aman. Kita juga akan melakukan penyekatan guna mengantisipasi keberangkatan yang sembunyi-sembunyi. Bisa di stasiun dan terminal,” imbuhnya.

Sementra itu, Nur Muhammad (40) tahun warga Kecamatan Ngawen Klaten mengatakan, menyikapi keputusan Mahkamah Konstitusi harus bijak tidak terpancing dengan ajakan atau upaya ikut mobilisasi massa ke Jakarta.

Hendaknya diserahkan kepada pihak yang menangani kita tetap melaksanakan tugas sehari hari,tuturnya. (yon/yyw).

  • Tentang Penulis

    Yon Mujiyono

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00