• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan dan Keamanan

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu Bertemu Syafii Ma’arif di Yogyakarta

11 June
15:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu melakukan kunjungan silaturahmi di rumah mantan ketua umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Ma'arif di Nogotirto, Gamping Sleman,Yogyakarta, Selasa siang (11/6/2019).

Usai pertemuan tertutup selama sekitar  2 jam tersebut, Menteri Ryamizard Ryacudu mengatakan kepada wartawan, ia bersama Buya Syafii tidak membahas politik tetapi membahas topik agama dan moral. Menurut Menhan, agar masyarakat tidak mudah terombang-ambing perlu diisi agama secara terus-menerus.

"Tidak ada, kita tidak bicara politik, kita bicara agama,moral. Kita juga prihatinkan kalau situasi keamanan kedepan memburuk itu yang kita kuatirkan. Tetapi Insya Allah pihak-pihak tertentu tahu apa yang dilakukan kepada sesama bangsa. Kalau bangsa ini porak poranda, berantakan dan ribut-ribut lalu ada yang mati itu kita sendiri yang rugi," jelas Menhan kepada waratawan.

Menjawab pertanyaan tentang kaitan antara TNI  dengan dugaan keterlibatan Tim Mawar dalam kerusuhan 22 Mei di Jakarta, Menteri Pertahanan menegaskan, TNI tidak ada kaitannya dengan dugaan itu.

"Tidak ada urusannya itu, kan itu tim lain. Dengan TNI sekarang ya lain, jadi jangan dikait-kaitkan begitu. Saya selalu bilang kita itu negara hukum sehingga hukum menjadi Panglima tertinggi yang harus ditaati. Siapa pun harus taat hukum termasuk ulama, umaroh taat hukum, kalau kita ingin negara ini baik," tegas Menteri Syamizard Ryacudu.

Sementara itu, Buya Syafii Ma'arif mengatakan, diskusi dengan Menteri Pertahanan sangat produktif dan ia menilai Menteri Pertahanan merupakan sosok prajurit sejati yang membela kepentingan pertahanan negara.

"Diskusi kami sangat positif ya. Dia (Menhan) itu kan tentara sejati, tidak mau ke politik. Dia itu benar-benar sepenuhnya membela negara. Teman-teman seangkatannya ke politik tetapi dia kan tidak mau. Dia itu riil prajurit, bangsa dan negara yang ia utamakan. Bagi Indonesia ini penting, tidak bawa ini ke politik pragmatis," puji Buya Syafii Ma’arif pada Menteri Pertahanan RI.

Syafii Ma'arif menambahkan, dalam diskusi tersebut Menteri Pertahanan juga berbagi pengalaman mengenai penanganan berbagai konflik di sejumlah daerah di Indonesia. (mun/mrt/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00