• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Perangi Kemiskinan, Sleman Perbanyak Wirausahawan Muda

18 May
13:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Dinas Koperasi dan UKM Sleman, akan  mencetak wirausahawan muda lebih banyak, guna menurunkan angka kemiskinan secara lebih signifikan . 

Kebijakan untuk memperbanyak wirausahawan muda di Sleman diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Pustopo, di sela monitoring kegiatan Pasar Lebaran, di area lapangan Pemkab Sleman Beran, Sabtu, (18/5/2019). 

Memperbanyak wirausahawan  muda di Sleman, dinilai Pustopo merupakan langkah strategis, karena hanya dengan jumlah wirausahawan muda yang semakin banyak di Sleman, secara nyata  akan mampu menurunkan angka kemiskinan.

“Misalnya ada sarjana pertanian yang membuka usaha perikanan, dipastikan akan merekrut tenaga dari sekitarnya. Sehingga dengan membuka lapangan kerja ini akan mengurangi jumlah orang miskin," ujarnya. 

Untuk mendorong hadirnya wirausahawan muda di Sleman, saat ini pihak Dinas Koperasi dan UKM, terus melakukan sosialisasi dan motivasi  agar para lulusan perguruan tinggi berminat menjadi enterpreneur, dan bekerja mandiri.  

Dinas Koperasi dan UKM Sleman saat ini juga sudah membuka pojok konsultasi, yang siap memberikan motivasi dan bimbingan bagi wirausahawan muda mengenai seluk beluk dunia usaha, mulai peluang usaha, jenis produk, manajemen keuangan, produksi hingga mencari peluang pasar.

Pojok konsultasi ini menurut Pustopo, menghadirkan para profesional mulai akademisi, wirausahawan sukses, hingga kalangan perbankan, yang mampu memberikan solusi tentang dinamika bidang kewirausahaan. 

Pengembangan wiraushawan muda ini, ditegaskan Pustopo juga dalam rangka meningkatkan kualitas UKM, agar lebih memiliki kemampuan daya saing produk dan pasar.  Jumlah UKM di Sleman saat ini mencapai  sekitar 36 ribu unit usaha, dengan serapan tenaga kerja hingga 75 ribu orang.(joel/yyw).

  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yuliyanta

    RRI Yogyakarta<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00