• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Sultan : Jangan Ada Kekosongan Jabatan, Jika Hasto Wardoyo Jadi Dilantik Kepala BKKBN

17 May
22:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku tidak ada masalah jika nantinya, Hasto Wardoyo resmi menjabat sebagai Kepala BKKBN. 

"Tidak ada masalah, nanti wakilnya ada proses sendiri. Kalau mengundurkan diri dan sebagainya ada mekanisme dan proses sendiri, " kata Sultan di Kepatihan Yogyakarta Jumat (17/5/2019).

Sementara itu, Sekda DIY, Gatot Saptadi mengatakan pemda DIY masih menunggu keputusan resmi.

Menutut Gatot, SK Presiden terkait penunjukan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tidak serta merta berlaku sebelum adanya pelantikan.

"Keputusan itu baru akan resmi jika sudah ada pelantikan. Sesuai aturan pelantikan dilaksanakan paling lambat 30 hari setelah SK ditandatangani. Jika SK Hasto wardoyo per 30 April, paling lambat dilantik 31 Mei atau sebelum Juni 2019. Kalau belum dilantik ya SK nya otomatis tidak berlaku. Kalau mau dilantik setelah itu harus ada SK baru. Sama kayak disini, pelantikan pejabat tidak jadi sampai batas waktu SK, pas mau pelantikan ya kita buatkan SK lagi,"katanya.

Gatot menambahkan Jika nantinya Bupati Hasto Wardoyo sudah resmi dilantik, agar tidak ada kekosongan kepemimpinan, sesuai aturan, sementara diisi Plt Bupati oleh Wakil Bupati baru kemudian ditetapkan menjadi Bupati definitif sesuai mekanisme yang ada.

"Penyelenggaraan pemerintahan tidak boleh mandek. Seperti di Jepara, begitu ada kekosongan karena kasus di KPK langsung ada pengisian, " jelasnya.

Sedangkan kemungkinan kekosongan jabatan wakil bupati, jika Wakil Bupati Sutedjo menjadi Bupati, pengisiannya menjadi kewenangan partai pengusung.

Lama waktu pengisian pun semuanya tergantung keputusan politiknya.

"Ya tergantung partai pengusung. Lama atau tidaknya tergantung politis ya. Seperti halnya DKI, wakil gubernurnya kan sampai sekarang masih kosong. Itu kan politis ya. Tapi ya saya berharap, kita ini berandai-andai kan ya, kalau fix Pak Hasto jadi Kepala BKKBN. Ya ke depan lancar lah, tidak berlama-lama mengisi kekosongan kepemimpinan yang ditinggalkan," jelasnya.(wur/ian)

  • Tentang Penulis

    Wuri Damaryanti Suparjo

    Reporter RRI Yogyakarta

  • Tentang Editor

    RRI Yogyakarta

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00