• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Kasus DB di Klaten Akibatkan 4 Orang Meninggal Dunia

15 May
21:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Klaten : Kasus penyakit demam berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Klaten periode Januari hingga akhir April  2019 mencapai 138 kasus, 4 orang di antaranya meninggal dunia.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Klaten,  Wahyuningsih mengatakan, kini Diskes melakukan fogging atau pengasapan untuk membrantas nyamuk dewasa, antaralain di Desa Kebondalem Kidul Kecamatan Prambanan, karena sejumlah warga terserang DB dan dirawat di rumah sakit.

“Pada Januari hingga akhir April 2019 di Klaten terdapat 138 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) 4 di antaranya  meninggal dunia. Sedangkan sepanjang tahun 2018 hanya ada 20 kasus, satu orang di antaranya meninggal dunia. Kasus DB tahun 2019 mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tahun 2018 lalu,” terangnya kepada wartawan, Rabu (15/5/2019).

Dijelaskannya, fogging merupakan tindakan pengendalian karena hanya memberantas nyamuk dewasa, dan bukan tindakan pencegahan, sehingga pelaksanaan fogging tersebut harus juga di sertai dengan pembrantasan jentik.

“Harus bebas dulu daerah dari jentik dengan harapan bersih. Nyamuk dewasanya mati dan tidak ada  jentik yang tumbuh menjadi dewasa,” imbuhnya.

Sementara itu, petugas Puskesmas Kebondalem Lor  Kecamatan Prambanan, Lala   mengatakan, fogging dilakukan di Desa Kebondalem Kidul karena  ada 8  orang yang terkena demam berdarah yang di rawat di Rumah sakit  sehingga dilakukan pemberantasan nyamuk dengan cara fogging tersebut.

Sedangkan Camat Prambanan Suhardi menyatakan, di wilayahnya hingga pertengahan Mei 2019 sudah ada 36 orang terkena DB, paling banyak di Desa Kebondalem Kidul.

Ia menambahkan, pada tahun 2017 lalu kasus DB di Kecamatan Prambanan paling tinggi  di Kabupaten Klaten dan tahun 2018 sudah menurun, tidak masuk tiga besar atau 4 besar.

 “Diharapkan dengan dilakukan fogging tersebut  jentik-jentik nyamuk bisa mati semua sehingga Wilayah Kecamatan Prambanan bebas DB. (yyw).

  • Tentang Penulis

    Yon Mujiyono

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00