• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

UII Yogyakarta Perkuat Kebangsaan Mahasiswa dan Dosen

8 October
14:01 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Berkembangnya paham radikal anti kedamaian dan lunturnya paham kebangsaan di kalangan mahasiswa menjadi keprihatinan bersama termasuk kalangan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

"Itu menjadi keprihatinan kita bersama. Dan kami UII sudah merespon diantaranya Islam yang dikembangkan UII adalah Islam “Wasathiyah” (Islam jalan tengah) yang bisa merangkul, merengkuh dan menghargai pemikiran Islam. UII adalah rumah besar bersama, tidak ingin ditarik ke satu atau dua warna saja. Dengan demikian Insya Allah kedamaian bisa diciptakan terus,” tutur Fathul Wahid, Rektor UII, usai bersilaturahmi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Gedhong Wilis Kepatihan Yogyakarta, Senin (8/10/2018). 

Dijelaskannya, UII mempunyai tujuan yang sama yakni bagaimana nilai-nilai kebangsaan nasionalisme diberikan di kalangan mahasiswa dan dosen.

"Soal kebangsaan, UII juga tidak bisa dilepas dari bangsa ini. Karena pendiri UII dan bangsa ini orangnya sama seperti M.Hatta, Moh. Yamin, KH Wahid Hasyim, KH Mas Mansyur," tambahnya.

Fathul mengatakan, sebelum mahasiswa mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa juga wajib mengikuti kegiatan pesantrenisasi selama dua pekan.
Harapannya, saat mahasiswa terjun ke lokasi KKN sensitivitasnya lebih terasa, peduli terhadap masyarakat bangsa dan negara.

Fathul Wahid menambahkan, UII juga mengembangkan kajian dan program studi yang lebih spesifik, sesuai kebutuhan DIY.

"Pengembangan kawasan menjadi lebih penting, apalagi sekarang sesuai visi misi Pak Gubernur 'Abad Samudera Hindia', Yogya menghadap selatan . Hal ini sedang kita pikirkan bagaimana caranya,” lanjutnya. (wur/yyw).

  • Tentang Penulis

    Wuri Damaryanti Suparjo

    Reporter RRI Yogyakarta

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00