• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Workshop "Keren Berkarakter" Komite Sekolah

1 October
17:32 2018
0 Votes (0)

KBRN, YOGYAKARTA : Kasus bom Surabaya yang melibatkan pelaku terorisme sekeluarga, menjadi pelajaran yang sangat berarti bahwa tindakan preventiv terhadap terorisme dan radikalisme dimulai dari keluarga sangat dibutuhkan.  

Dr. Alimatul Qibtiyah selaku lead project reventive violence and extrimism (PVE) Kalijaga Institute for Justice (KIJ) UIN Sunan Kalijaga, dalam kegiatan workshop nilai-nilai ‘keren berkarakter’ bagi komite sekolah mengatakan, tindakan preventif untuk menangkal retorisme salah satunya melalui penanaman nilai-nilai Keren Berkarakter.  

Lebih lanjut Alim mengatakan nilai-nilai keren berkarakter itu antara lain meliputi: toleransi, empati, egaliter, saling menghormati/menghargai keberagaman, dan lain-lain.

"Pengenalan melek media juga sangat diperlukan bagi orang tua sehingga mereka bisa melakukan pengawasan terhadap anak-anak dalam berinteraksi dengan media sosial," kata Alim, di sebuah hotel di Prambanan, Jumat (28/9/2018). 

Kegiatan workshop ini diikuti oleh pengurus komite sekolah dan orang tua siswa perwakilan dari 4 sekolah terpilih di Klaten, antara lain: SMK Negeri 2, SMA Muhammadiyah, SMP Negeri 3 dan SMPIT Ibnu Abbas. 

Setelah Kegiatan workshop ini akan ada rencana tindak lanjut kegiatan yang akan dklakukan oleh komite sekolah masing-masing.  

"Setidaknya sosialisasi pada orang tua siswa di sekolah masing-masing tentang pentingnya melakukan pencegahan secara dini terorisme dan radikalisme yang dimulai dari keluarga," jelas Alim. (tri/fet/yyw).

  • Tentang Penulis

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00