• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

FEATURE

Yudha and The Remora, Selipkan Pesan Edukasi Lewat Lagu Anak

30 September
08:26 2018
6 Votes (4.7)

KBRN, Yogyakarta : 'Hey beri tahu, pada semua temanmu, ini hari Sabtu dan besok hari Minggu, kita pergi ke pantai, bernyanyi dan menari'.

Lewat penggalan lagu tersebut, yang berjudul Ayo ke Pantai, Yudha and The Remora (YTR) ingin mengajak anak-anak Indonesia, tidak takut bermain ombak di pantai. Grup musik ini, ingin mempopulerkan kembali lagu anak, melalui karya yang mereka hasilkan.

”Project Yudha and The Remora ini lahir, awalnya dari obrolan saya sama manajernya Yudha and The Remora, namanya Mas Bani Rafdina”, ungkap Yudha Kristiawan, Vokalis dan pemain Ukulele Yudha and The Remora, di Yogyakarta, Minggu (30/9/2018).

”Karena kita sama-sama punya anak yang sering nyanyiin lagu-lagu anak, lagu-lagu yang sempat saya ciptain saya dengerin ke Mas Dinal akhirnya dia respon untuk bikin project”, lanjut dia.                     

Selain Yudha Kristiawan, project musik ini diperkuat dua personel lain yang merasa tertantang berkreasi membuat lagu-lagu anak, seperti Aki Anam sebagai pemain Gitar.

Kemudian, ada juga Fredi Agus Wicaksono, pemain Drum dan Cajon (baca: Kahon), atau alat musik pukul berbentuk kotak segi enam, yang dimainkan dengan menepuk sisi-sisinya menggunakan jari tangan.     

”Anak-anak sekarang banyak menyanyikan lagu-lagu orang dewasa, menurut saya kurang pas, saya ingin selalu menemani Yudha untuk berkarya terus, supaya mengedukasi anak-anak lewat lagu-lagu yang pas buat mereka,” kata Anam.          

”Membuat lagu-lagu anak tantangannya lucu aja ya, dengan konsep musik dan lirik lagu yang lebih ringan dan bisa diterima anak-anak menurut saya tantangan saja, ada susahnya juga mudahnya,” cerita Fredi.

Meski resmi dibentuk tanggal 23 Juli 2018, saat peringatan Hari Anak Nasional, embrio grup musik ini sudah ada sejak dua tahun sebelumnya. Lirik lagu sederhana namun punya nilai edukasi, ungkap Yudha, dibuat melalui riset lagu anak-anak tempo dulu.

”Karena penasaran, akhirnya aku beli kaset lagu anak di pasar loak, lagu-lagu tahun 70-an dengan berbagai penyanyi seperti Yoan Tanamal, judul lagunya si kodok yang berpesan agar binatang tidak ditangkap,” ungkapnya.

”Lewat lagu Ayo ke Pantai ini, Yudha and The Remora mengajak siapapun yang punya anak kecil, ajaklah ke pantai, tapi jangan lupa kalau main ke pantai harus waspada, karena ada ombak besar datang, kita selipkan edukasi seperti ini di lagu,” lanjutnya.

Lagu Ayo ke Pantai menjadi karya pertama Yudha and The Remora, yang dirilis bulan Agustus 2018. Lagu tersebut, sudah diputar di beberapa radio swasta di Yogyakarta, juga bisa didengarkan lewat media sosial, seperti youtube dan instagram.

Kini, baik Yudha, Anam dan Fredi, tiga musisi muda Yogyakarta yang tergabung dalam Yudha and The Remora, punya satu harapan, bisa tampil di seribu sekolah, agar lagu anak kembali dinyanyikan anak-anak Indonesia. (ws/yyw).  

  • Tentang Penulis

    Wahyu Suryo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00