• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pangan

Konsumsi Protein Hewani di Kulon Progo Perlu Ditingkatkan

17 September
19:00 2018
1 Votes (4)

KBRN, Yogyakarta : Tingkat konsumsi protein hewani di Kabupaten Kulon Progo masih perlu ditingkatkan lagi, dengan harapan agar tercipta sumber daya manusia yang tangguh dan berkualitas.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Nursyamsu Hidayat mengatakan, tingkat konsumsi protenin hewani asal ternak di Kulon Progo pada tahun 2017 sebesar 9,307 gram perkapita perhari yang berasal dari daging, sementara untuk susu 0,10 gram perkapita perhari.

Menurut Nursyamsu, peningkatan konsumsi hasil produksi peternakan, tak lepas dari populasi, produksi serta daya beli masyarakat. Populasi sapi di Kulon Progo tahun 2018, sebesar 51.579 ekor, sementara untuk populasi kambing Peranakan Etawa, sebesar 31.676 ekor.

"Hal ini tentunya masih harus ditingkatkan agar kualitas sumber daya manusia di Kulon Progo semakin bagus," jelas NursyamsuSenin (17/09/2018).

Sementara itu Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengharapkan, Kulonprogo ke depannya mampu menjadi wilayah penghasil daging ternak yang besar. Meski potensi lahan pakan tak seluas tempat lain, namun dengan potensi lahan pakan ternak yang cukup luas, Hasto meyakini hal tersebut bisa terwujud.

"Memang untuk tanaman hijauan  ternak, luasan lahan di Kulon Progo tidak seluas daerah lain, tetapi di sini seperti di daerah pantai dengan bantaran sungai itu menjadi potensi lahan hijauan ternak," tandasnya.

Hasto Wardoyo menambahkan, rekayasa teknologi yang ada pada saat ini, juga memungkinkan menjadikan Kulon Progo sebagai wilayah penghasil daging ternak yang besar. (hrn/yyw).      

  • Tentang Penulis

    Harun Susanto

    Reporter RRI Yogyakarta<br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00