• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Uji Kompetensi Pejabat Eselon III dan IV Klaten

12 October
22:00 2017
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Sebanyak 337 peserta bakal mengikuti uji kompetensi untuk pengisian kekosongan jabatan Eselon III dan IV, yang akan digelar pekan depan, 16-19 Oktober 2017.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Sartiyasto usai acara sosialisasi  uji kompetensi di Gedung DPRD Klaten mengatakan, uji kompetensi merupakan salah satu syarat untuk penempatan jabatan. 

Menurutnya, secara rinci peserta untuk calon eselon III sebanyak 167 orang dan calon eselon IV sebanyak 170 orang. Peserta calon eselon III berasal dari eselon IV, sedangkan peserta calon eselon IV dari staf.

”Uji kompetensi ini semacam psikotest untuk mengetahui seseorang menjabat sesuai kompetensi dan kemampuannya. Pelaksanaan uji kompetensi akan bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah,” jelasnya di Klaten, Kamis (12/10/2017).

Lebih lanjut Sartiyasto mengatakan, setelah uji kompetensi, bupati selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK) akan mengadakan pengisian jabatan. Adapun kekosongan jabatan eselon III di lingkup Pemkab Klaten sebanyak 46 formasi dan kekosongan eselon IV sebanyak  41 formasi. Kekosongan tersebut karena banyak pegawai yang pensiun dan perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di awal tahun.

Sementara itu Sekda Klaten, Jaka Sawaldi mengatakan, pengisian eselon dilakukan dengan sangat ketat dan transparan. Rasio persaingan peserta calon eselon III dan IV mencapai 1 banding 40 berdasarkan formasi yang ada. Uji kompetensi sendiri hanya satu dari sekian persyaratan yang harus dipenuhi peserta untuk lolos seleksi.

“Uji kompetensi bukan merupakan syarat mutlak. Ini cuma salah satu syarat, ada persyaratan yang lain, termasuk kaitannya dengan track record, pengalaman teknis, pengalaman manajerial. Ada sekitar 12 item yang menjadi pertimbangan saat proses seleksi,” teranya. (yon/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00