• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata

Yogyakarta Ikuti Festival Kuliner Perancis "Good France 2017"

21 March
00:48 2017
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Seni menyantap hidangan merupakan salah satu budaya orang Perancis secara turun-temurun hingga kini dan diaspora bangsa Perancis mengusung budaya warisan itu untuk diperkenalkan ke khalayak tempat mereka bermukim, termasuk di Indonesia.

Institut Perancis di Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis di Jakarta bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri kedua negara, menggelar Festival Internasional Cita-Rasa Kuliner Perancis “Good France’ secara serentak pada 21 Maret 2017 di lima kota yakni, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

Direktur Institut Perancis Yogyakarta Christine Mourman kepada RRI menyatakan bahwa, Good France menjadi momentum untuk bersama-sama meng-apresiasi cita-rasa kuliner Perancis sebagai warisan budaya, identitas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya berupa semangat berbagi, semangat kebersamaan, kebahagiaan untuk berkumpul dan menyantap hidangan yang sehat.

“Banyak chef berkebangsaan Perancis di kota-kota besar di Indonesia ikut berperan mengenalkan tradisi Gastronomi Perancis dan kini mereka diwaktu yang bersamaan menyajikan hidangan serupa dengan yang ada di Negeri Perancis diramu kuliner setempat menggunakan bahan-bahan lokal yang bagus, semisal untuk Restoran Paprika di Phoenix Hotel memilih Bebek dari Kediri yang memang berkualitas tinggi”, tutur Thomas Evrard, General Manager Hotel Phoenix Yogyakarta.

Tradisi Gastronomi Perancis terdapat rangkaian santapan yang diawali dengan menu penggugah selera atau aperitif, dilanjutkan makanan pembuka, hidangan ikan ataupun daging dielngkapi sayur, keju dan hidangan penutup. Dekorasi meja dan bahasa tubuh dengan membaui, mencicipi hidangan merupakan pelengkap ritual khas Perancis tersebut.

Di Indonesia, Good France hadir di lima kota dengan total 36 restoran,  masing-masing di Jakarta melibatkan 19 restoran, di Bandung melibatkan lima restoran, di Surabaya melibatkan tiga restoran dan di Bali melibatkan enam restoran. Sedangkan di Yogyakarta, tiga resto berpartisipasi didalam Gout de France tersebut yakni, Lokaloka Bistro di jalan Sidomulyo 29 Tiyasan, Condong Catur RT 6 RW 1 Sleman dengan Chef Sarah, kemudian Restoran Mediterranea di jalan Tirtodipuran Yogyakarta dengan Chef Camille Massard, serta Restoran Paprika Hotel Phoenix jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta dengan Chef Gatot Santoso.

Chef Sarah Diorita dari Lokaloka Bistro Sidomulyo menghidangkan masakan perpaduan Nusantara dan seni masak Lyon, Ibukota Cuisine Perancis, menggunakan bahan lokal pilihan, semisal Saus Moringa atau Saus Daun Kelor sebagai Super Food Dunia, yang dapat dinikmati pada Selasa hingga Sabtu, 21-25 Maret 2017, mulai pukul 12 siang.

Sedangkan Chef Camille Massard-Combe dari Restoran Mediterranea Tirtodipuran menawarkan masakan tradisi Perancis yang lezat mengoda selera menggunakan bahan pilihan terbaik yang dapat dinikmati pada Selasa hingga Minggu, 21-26 Maret 2017 mulai pukul 12 siang. Kemudian Chef Gatot Santoso dari restoran Paprika Hotel Phoenix menyajikan menu eksklusif Perancis termasuk Foie-Gras, Hati Angsa pilihan, dengan sentuhan Indonesia yang dapat dinikmati pada Selasa hingga Minggu, 21-26 Maret 2017 mulai pukul 12 siang. (Bud)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00