• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

FEATURE

Pesan Sri Sultan HB X Untuk RRI

4 November
19:59 2016
2 Votes (4.5)

KBRN, Yogyakarta : Pemukulan gong hingga tiga kali oleh Gubenur DIY Sri Sultan HB X di kompleks Pasar Imogiri Bantul, Jumat (4/11/2016), menandai launching Program Radio Masuk Pasar yang digagas LPP RRI Yogyakarta.

Satu gagasan maju untuk menjaga keberadaan pasar tradisional, agar tidak menyebabkan ”Pasar Ilang Kumandange”, sebuah ungkapan jawa yang berati jika pasar mulai hening tanpa ada tawar menawar, akibat banyaknya mall dan swalayan berdiri.

Melalui program ini, Sultan yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu mengingatkan seluruh angkasawan dan angkasawati RRI, jika ruang siaran tidak hanya di dalam studio saja.

”Jangan hanya berkutat di dalam studio sebagai basis operasinya, tetapi harus berbuat kebaikan dengan melakukan siaran langsung untuk mempromosikan pasar rakyat dengan wajah yang berbeda”, katanya.

Pasar tradisional kata Sultan, tidak hanya sekedar tempat transaksi jual beli barang, tetapi disana mengajarkan tentang hubungan sosial dengan sesama yang tidak ada di pasar-pasar modern.

”Terjalinnya kehangatan suasana antar manusia tidak ada di pasar modern, disana hanya ditemui sejumlah label harga dan mesin kasir yang tidak bisa diajak berdialog”, lanjutnya.

Program Radio Masuk Pasar yang sudah dimulai sejak tahun 2005 silam, hingga kini terus berjalan di berbagai daerah, waktu itu untuk pertama kalinya di Yogyakarta, diselenggarakan di Pasar Beringharjo.

Dengan melibatkan langsung pedagang, mereka akan menginformasikan soal ketersediaan barang, kestabilan harga, sekaligus membantu produsen atau petani menjual langsung produknya ke pedagang, agar memotong mata rantai penjualan.

”Pada pertemuan broadcaster se-Asia Pasific dalam Asian Broadcaster Union (ABU) di Bali belum lama ini, konsep radio pasar menjadi magnet kuat untuk dikembangkan di negara masing-masing”, ungkap Direktur Program dan Produksi LPP RRI Soleman Yusuf di lokasi kegiatan.

Dalam acara tersebut, sejumlah tamu undangan juga nampak hadir, antara lain Anggota Dewan Pengawas LPP RRI Dwi Hernuningsih, Kepala LPP RRI Yogyakarta Sumarlina, serta Bupati Bantul Suharsono. (WS/BSL)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00