• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Menkes Yakinkan IDI Soal Dokter Layanan Primer

26 October
15:31 2016
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Menteri Kesehatan Nila F Moeloek berupaya meyakinkan berbagai pihak, tentang segi positif program pendidikan Dokter Layanan Primer, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran.

Menurut Nila saat berkunjung ke Kabupaten Bantul DIY, Rabu (26/10/2016), melalui program ini seorang dokter puskesmas bisa mendiagnosis dan menyembuhkan 155 macam penyakit, sehingga pasien tidak perlu dirujuk ke rumah sakit jika masih bisa ditangani.

”Kan di puskesmas ada dokter, mereka nanti kompetensinya bisa mendiagnosis 155 penyakit, dan mereka bisa tahan supaya tidak dirujuk ke rumah sakit”, ungkapnya.

Meski sempat memicu penolakan dari organisasi IDI di berbagai daerah, Menkes tetap akan menjalankan program Dokter Layanan Primer. Apalagi, Mahkamah Konstitusi (MK) telah membatalkan upaya judicial review terhadap regulasi yang mengaturnya.

”Lha ini amanat undang-undang, saya sebagai orang pemerintah tidak boleh melawan undang-undang, dan ini niatnya kan baik tinggal ngaturnya aja, agar pelayanan kesehatan jauh lebih baik”, terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Maya Sintowati Panji mendukung kebijakan Dokter Layanan Primer, jika tujuannya untuk meningkatkan kualitas seorang dokter dalam melayani pasien.

”Kalau saya prinsipnya apapun dilema yang terjadi, kalau dokter untuk pelayanan kesehatan makin pintar, itu yang diuntungkan masyarakat, jadi kenapa saya harus menolak”, ucapnya. (WS/BSL)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00