• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

FEATURE

Komunitas Inspirasi Penegak Gerakan Literasi

20 October
16:21 2016
0 Votes (0)

KBRN,Yogyakarta: Budaya membaca dapat meningkatkan kualitas bangsa, untuk itulah pentingnya gerakan literasi bagi masyarakat Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh RBK (Rumah Baca Komunitas), yaitu sebuah komunitas yang menegakkan gerakan literasi, dengan memberikan akses bagi masyarakat untuk gemar membaca.

Komunitas yang berdiri sejak tanggal 2 mei 2012 itu dibentuk oleh alumni Universitas Gajah Mada, David Efendi bersama dengan tiga orang temannya. Bertempat di rumah sederhana di Dusun Sidorejo, Ngestiharjo, Kasian, Bantul, kini komunitas ini semakin berkembang.
 
Menurut Lutfiawan Kurniawan salah satu pegiat di RBK, bahwa David Efendi selaku founder RBK mengatakan dibentuknya komunitas ini dikarenakan keresahan dari dirinya dan ketiga temannya yang memiliki banyak buku di rumah, namun hanya mereka saja yang dapat membaca buku-buku tersebut. Seharusnya akses terhadap ilmu pengetahuan itu dapat dinikmati oleh siapa saja, sayangnya masih banyak orang yang kesulitan mengakses buku-buku bacaan di perpustakaan milik negara.  

“Agar buku itu tidak hanya milik personal saja dan dapat diakses oleh semua orang, maka keempat orang pendiri RBK menyumbangkan buku mereka dengan menempatkannya di sebuah rumah, agar semua orang bisa membaca, meminjam, dan memanfaatkan buku-buku itu dengan mudah, tanpa syarat dan  tanpa batas waktu tertentu,” paparnya, Kamis (20/10/2016).
 
Menurut Lutfiawan, RBK bukan sekedar rumah tempat membaca, namun RBK juga memiliki nilai-nilai yang dianut dan ingin ditranformasikan kepada masyarakat dengan mengadakan berbagai kegiatan.

“Selain memberikan akses untuk membaca di RBK, kami juga mengadakan berbagai kegiatan diantaranya, bedah buku, diskusi mengenai berbagai topik dan isu-isu sosial di mayarakat, RBK on the streat atau perpustakaan jalanan, dan RBK for kids  yaitu program yang dirancang untuk mendukung upaya literasi bagi anak melalui aktivitas permainan edukatif,” kata dia.
 
Berkaca dari permasalahan peningkatan kemampuan keilmuan, RBK adalah salah satu dari segelincir komunitas yang berperan penting untuk meningkatkan kualitas bangsa dengan terciptanya masyarakat yang cerdas. (IST/BSL)
 

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00