• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

FEATURE

Ketika Ribuan Pedagang Pasar Meriahkan HUT Kota Yogyakarta

14 October
15:30 2016
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta: Tidak seperti sedia kala ketika ketika kegaduhuan terjadi didalam sebuah pasar karena terjadi transaksi jual beli. Kali ini  sangat berbeda saat ribuan pedagang pasar justru tampak berbaris rapi beriringan. Mereka bukan berbaris untuk menggelar unjuk rasa atau demonstrasi, tetapi mereka hendak berpawai menyemarakkan Hari Jadi Kota Yogyakarta ke-260.

Ribuan pedagang sangat antusias dengan raut muka berseri-seri dan penuh senyum menyapa penonton sambil melambai-lambaikan tangannya. Tak pelak, penontonpun makin riuh menyaksikan acara kirab pedagang pasar yang diselenggarakan pemerintah kota Yogyakarta, Kamis (13/10/2016)

“Acara kirab ini adalah salah satu tradisi budaya untuk mendukung pasar tradisional, ini adalah budaya yang ingin kita lestarikan, menjaganya dengan baik dan semakin berkembang,” kata panitia penyelenggara acara Agung.

Semaraknya acara kirab tidak terlepas dari pakaian yang dipergunakan para peserta karena setiap kontingen pedagang pasar diminta menampilkan ciri khasnya masing-masing sehingga masyarakat dapat makin memahami keberadaan pasar tradisional dan menonjolkan apa saja yang dijual di pasar tersebut.

"Misalnya Pasar Tanaman Hias dan Hewan Yogyakarta atau disingkat Pasty, menampilkan icon pasar yaitu replika hewan berukuran raksasa seperti biawak dan kuda karena pasar tersebut merupakan pasar tradisional yang khusus memperjualbelikan hewan peliharaan," tambah Agung.

Pawai kirab diawali dari Pasar Beringharjo sekitar pukul 12.00 menuju Pasar Ngasem dengan melewati rute Jalan Pabringan, Jalan Margo Mulyo, Titik Nol Kilometer, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Nyi Ahmad Dahlan dan berakhir di Jalan Ngasem. (FRD/BSL)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00