• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Hari Kesehatan Mental Sedunia 2016 Di Yogyakarta

11 October
23:50 2016
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Hari Kesehatan Mental Dunia tanggal 10 Oktober menjadi momentum bagi pemangku kepentingan untuk aktif berkontribusi meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu kesehatan mental di masyarakat dan memobilisasi upaya dalam mendukung kesehatan mental.

Himpunan Psikologi Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta -HIMPSI-DIY, selaku pemangku kepentingan untuk kesehatan mental di DIY mengagendakan beberapa kegiatan kolaborasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.

Agenda Jum’at (07/10), HIMPSI-DIY menerjunkan 10 relawan dari Relawan Psikologi Gadjah Mada -REPSIGAMA untuk memberikan bantuan psiko-sosial kepada korban bencana alam banjir bandang di Garut, Jawa Barat. Kegiatan ini terfokus pada dua kategori pengungsi, pada pengungsi anak-anak, memberikan bantuan psikososial berupa Psychological First Aid, sementara pengungsi remaja mendapatkan sosialisasi menajemen bencana.

“Hari kesehatan mental dunia mengusung tema psychological first aid, sehingga HIMPSI-DIY menerjunkan relawan sebagai trigger untuk para garda depan agar menguasai bantuan pertama psikologis” ungkap Ketua HIMPSI-DIY, Helly P. Soetjipto. Garda depan yang dimaksud adalah para tenaga kesehatan, guru, pekerja komunitas, polisi, dan sebagainya. Sekarang di puskesmas-puskesmas juga sudah ada psikolog, mereka inilah yang menjadi ujung tombak untuk melakukan pertolongan pertama psikologis.

Helly mengungkapkan bahwa masyarakat juga perlu memahami apa itu kesehatan mental dan bagaimana tindakan Cepat Tanggap Psikologis, yang kerap terjadi di daerah bencana ataupun daerah konflik. “Masalah psikologis bisa terjadi kapan saja, pada siapa saja. Misal pada anak yang stress karena tugas yang banyak, atau karena nilai rapornya menurun. Teman atau saudara yang tertimpa musibah, entah kehilangan uang, perhiasan, gawai, ataupun kekasih,” ungkapnya.

Dalam rangka Hari Kesehatan Mental Dunia 2016, HIMPSI-DIY menggelar pelatihan Psychological First Aid, terbuka, agar masyarakat lebih sadar tentang pentingnya kesehatan mental dan dapat mengatasi secara cepat dan tepat permasalahan tersebut.

Seperti halnya P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, Psychological First Aid merupakan penanganan jangka panjang untuk memastikan bahwa siapapun yang membutuhkan pertolongan atau tindakan lanjutan dapat menerima petolongan tersebut baik secara kesehatan fisik, kesehatan mental, maupun pelayanan sosial. (Bud)


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00