• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Ciri-Ciri Obat Ilegal Yang Patut Diwaspadai

1 October
15:11 2016
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DIY I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, saat berbicara dalam Training Identifikasi Keaslian Obat yang diikuti ratusan apoteker se-DIY dan Jawa Tengah, di Yogyakarta Sabtu (1/10/2016) mengatakan, perang melawan peredaran obat ilegal, terus digelorakan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DIY.

Menurutnya, obat-obatan ilegal biasanya memiliki beberapa ciri, antara lain tidak memiliki ijin edar, kemudian dari segi bentuk, warna, tekstur dan rasa sangat berbeda dari obat asli.

”Beli obat harus di jalur resmi, artinya kalau kita menebus resep ya di apotek, karena akan dilayani tenaga kesehatan yang punya keahlian dan kewenangan”, katanya.  

I Gusti juga menjelaskan, tempat peredaran obat ilegal biasanya ada di warung gerobak pinggir jalan, kios obat tanpa ijin, situs online yang tidak jelas, serta dijual secara perorangan. Untuk melakukan pengawasan, pihaknya menjalin kerjasama lintas instansi, antara lain dengan Dinas Kesehatan dan Kepolisian.

”Untuk pengawasan kami tidak jalan sendiri, kami juga minta masyarakat untuk ikut mengawasi, jika ada kecurigaan bisa lapor kepada kami agar bisa ditindaklanjuti”, tambahnya.

Konsumsi obat ilegal bisa memicu efek negatif, diantaranya sakit berkepanjangan hingga kematian, dan pada tahun ini BPOM DIY berhasil menyita 77 ribu kemasan obat ilegal di sebuah gudang kawasan Sleman. (WS/Ian)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00