• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Dinas Peternakan Gunungkidul Siapkan Ratusan Vaksin Rabies Gratis

28 September
16:12 2016
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta: Dinas Peternakan (Disnakan) Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan forum dokter hewan Gunungkidul, menggelas vaksinasi gratis dalam rangka mencegah rabies (penyakit anjing gila).Disnakan menyiapkan 370 vaksin gratis bagi masyarakat umum.  

Kepala Disnakan Kabupaten Gunungkidul drh. Krisna Berlian kepada RRI, Rabu (28/9/2016) mengatakan, dalam rangka memperingati hari rabies dunia atau Word Rabies Day 2016, Disnakan Gunungkidul memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait penyakit rabies.

Selain memberikan penyuluhan, Dinaskan juga memberikan layanan kesehatan dan vaksin gratis bagi masyarakat yang memiliki Hewan Penular Rabies (HPR) diantaranya Anjing, Kucing, Kera, Kekelawar dan Karnvora liar. Hal itu dikarenakan kesehatan jenis hewan itu tidak menutup kemungkinan merupakan faktor utama penyebab penyakit rabies, apa lagi jika faktor kesehatannya tidak terlalu diperhatikan.

"Ini kita lakukan dalam rangka menjaga ketentraman masyarakat karena rabies adalah salah satu penyakit zoonosa yang ditakuti yang bisa ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya," jelas Krisna Berlian.

Lebih lanjut Kepala Disnakan Kabupaten Gunungkidul mengatakan, pemilik hewan penular rabies sudah saatnya memahami gejala dan cara pencegahan penyakit rabies ditengah masyarakat. Pencegahan penularan rabies dapat dilakukan dengan program vaksinasi rabies secara teratur.

Sementara Pemilik hewan penular rabies jenis anjing, Helena mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Disnakan Gunungkidul dalam memberikan program penyuluhan tersebut. Dengan materi yang diberikan ibu dua putra itu kini lebih tahu bahaya rabies, cara penularan, gejala klinis serta pencegahanya. (WIB/BSL)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00