• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Pemerintahan tidak serius mengelola sampah di masyarakat

7 May
10:58 2018
0 Votes (0)

Pernah dulu pemerintah menerapkan kebijakan plastik berbayar di tiap mini market. Hampir seluruh warga masyarakat antusias.  Bahkan pegiat lingkungan berharap bahwa kebijakan ini akan diterapkan juga di pasar tradisional.namun sayang disayang,  jangankan untuk diperluas,  untuk konsisten saja tidak ada pengawasan.

Padahal sampah plastik sangat berbahaya.  Sampah plastik tidak akan hancur sampai 100 tahun. Bahkan,  sampah plastik itu,  kini memenuhi laut dan pesisir Indonesia.  mengutip CNN Indonesia,  Jumlah sampah di laut Indonesia sangat memprihatinkan,  sudah 187 juta ton.  luar biasa.  Indonesia dan china sama juga.  Negeri itu membuang sampah plastik ke laut sekitar 262 juta ton.

Sementara untuk produksi sampah harian,  di Indonesia angkanya fantastis. Jutaan ton sampah dibuang tiap hari.  Satu kota besar seperti jakarta saja,  menurut catatan kememterian lingungan hidup sudah mrncapai 70 ribu tonper hari.  Artinya,  sampah memang sudah darurat. 

Namun ironisnya, kebijakan pengelolaan sampah ini tidak kuat. Pemerintah lebih banyak menyampaikan data dan gagasan soal sampah, namun sangat sedikit memerapkan kebijakan soal sampah. Program yang dikumandangkan hanya incenerator, namun tidak ada kebijakan di hulu. Sama saja seperti kebijakan minuman keras dan rokok.  Dilarang di mana mana,  tapi pabriknya tetap dibiarkan. Juga pabrik kasan plastik. 

Harusnya ada langkah strategis dan innovatif yg bukan sekedar pencitraan.  Ini harus segera. Indonesia sudah darurat sampah. Demikian komentar.  

Tentang Penulis

Afrizal Aziz

Redaktur Pro 3 RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00