• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

26 December
12:22 2017
0 Votes (0)

HDS VOI ; 26 Desember 1908 Jack Johnson Menjadi Petinju Kulit Hitam Pertama Yang Memenangi Gelar Juara Dunia Kelas Berat.

Johnson mengalahkan petinju kulit putih yang berasal dari Kanada, Tommy Burns, di ronde ke-14 dalam pertandingan yang diselenggarakan di Sydney, Australia pada 26 Desember 1908. Petinju Amerika yang terkenal karena kemampuan bertahannya itu membuktikan dirinya sebagai petinju yang sangat kuat. Namun, jarangnya petinju kulit putih untuk mau bertanding dengan petinju kulit hitam memperkecil peluangnya untuk menjadi yang terbaik. 

26 Desember 1991 Uni Soviet dibubarkan.

Uni Soviet adalah negara federasi komunis yang pernah ada antara tahun 1922-1991. Uni Soviet muncul setelah runtuhnya  kekaisaran Tsar Rusia melalui revolusi Bolsevhik yang dipimpin Vladimir Lenin. Namun, naiknya Gorbachev sebagai Sekretaris jenderal yang akhirnya menjadi Pemimpin Uni Soviet pada Maret 1985 dengan membawa misi Glasnost atau keterbukaan dan Pereistorika atau restrukturisasi ekonomi, telah membuat Uni Soviet berubah cara pandang di bidang Politik dan Ekonomi. Menguatnya kubu oposisi yang dipelopori Boris Yeltsin dan melemahnya kontrol Moskow mengakibatkan satu persatu negara-negara yang tergabung dalam Uni Soviet memerdekakan diri. Negara-negara tersebut minus 3 negara Baltik dan Georgia membentuk Persemakmuran Negara-negara Merdeka  yang kemudian mendeklarasikan Uni Soviet resmi bubar pada tanggal 26 Desember 1991. 

26 Desember  2004 Gempa yang melanda Pesisir Barat Sumatra disertai gelombang Tsunami.

Gempa bumi dahsyat yang terjadi di belasan negara di Asia dan Afrika, termasuk Aceh, Indonesia pada Minggu, 26 Desember  2004 ini menewaskan lebih dari 230.000 orang dan menenggelamkan banyak pemukiman penduduk  di tepi pantai.  Gempa dan tsunami  yang terjadi di  Aceh menelan lebih dari 126.000 korban jiwa, puluhan gedung hancur, terutama di Meulaboh dan Banda Aceh.  Peristiwa  ini  merupakan salah satu bencana alam paling mematikan sepanjang sejarah. Indonesia menjadi  negara yang terkena dampak paling besar, diikuti Sri Lanka, India, dan Thailand.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00