• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Fokus

Indonesia Terus Dukung Palestina

15 December
13:33 2017
0 Votes (0)

FOKUS  VOI : Dukungan Indonesia terhadap perjuangan Palestina tidak akan pernah surut, bahkan akan meningkat. Demikian dikatakan Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Konferensi Tingkat Tinggi KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul, Turki  Rabu, 13 Desember 2017. Presiden Joko Widodo menegaskan, dukungan tersebut bukan hanya dalam bentuk dukungan politik, namun Indonesia akan terus tingkatkan dukungan peningkatan kapasitas dan dukungan kepada perekonomian Palestina. Dalam hal kebijakan luar negeri, Presiden Joko Widodo juga mengatakan posisi Palestina berada di jantung politik luar negeri Indonesia. 

Dalam KTT Luar Biasa OKI Indonesia mengusulkan enam poin penting sikap negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam terkait pengakuan Amerika terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Menurut Presiden Joko Widodo, pertama, OKI harus secara tegas menolak pengakuan unilateral tersebut. Kedua, Presiden mengajak semua negara yang memiliki Kedutaan Besar di Tel Aviv, Israel, untuk tidak mengikuti keputusan Amerika Serikat memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem. Ketiga, negara OKI dapat menjadi motor untuk menggerakkan dukungan negara yang belum mengakui kemerdekaan Palestina untuk segera melakukannya. Keempat, bagi negara anggota OKI yang memiliki hubungan dengan Israel agar mengambil langkah-langkah diplomatik. Kelima, anggota OKI harus mengambil langkah bersama meningkatkan bantuan kemanusiaan, peningkatkan kapasitas dan kerja sama ekonomi kepada Palestina. Keenam, Presiden berharap OKI harus mampu menjadi motor bagi gerakan di berbagai forum Internasional dan multilateral untuk mendukung Palestina, termasuk di Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB.

Sementara itu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di sela-sela KTT Luar Biasa OKI menyampaikan apresiasi atas dukungan Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina dalam proses menuju sebuah negara merdeka. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istanbul, Turki, Rabu menjelaskan, apresiasi tersebut disampaikan langsung Presiden Palestina Mahmoud Abbas ketika bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Menurut Retno Marsudi, Presiden Abbas juga menyebut Indonesia sebagai negara di luar Timur Tengah yang paling memperjuangkan hak-hak Palestina.

Apresiasi juga diberikan Raja Yordania, Raja Abdullah II Bin Al-Hussein atas dukungan Indonesia kepada perjuangan rakyat Palestina. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi  mengatakan,  negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dalam KTT OKI Rabu, 13 Desember memiliki satu suara, yaitu semua negara OKI menolak keputusan Presiden Amerika Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Selain itu, dalam pernyataan bersama, pemimpin dari 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam mengakui Yerusalem Timur sebagai ibukota negara Palestina yang diduduki dan meminta masyarakat internasional untuk melakukan hal yang sama.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00