• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

15 December
13:32 2017
0 Votes (0)

HDS VOI : 15 Desember  1928- Jembatan  Silver Bridge runtuh

Silver Bridge adalah jembatan gantung rantai eyebar dibangun pada tahun 1928 dan diberi nama silver karena warna cat dari jembatan itu Jembatan menghubungkan Point Pleasant, West Virginia dan Kanauga, Ohio  di atas Sungai Ohio. Pada tanggal 15 Desember 1967, Jembatan Perak ambruk pada saat jam sibuk lalu lintas , mengakibatkan kematian 46 orang. Investigasi dari reruntuhan menunjukan bahwa penyebab runtuhnya karena cacat kecil yaitu dari satu mata rantai bar di suspensi.

15 Desember 1995- sepuluh negara ASEAN menyepakati pembentukan kawasan bebas Senjata Nuklir di Asia Tenggara.

Gagasan pembentukan Kawasan Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ) ini diawali pada tanggal 27 November 1971, sewaktu 5 anggota dari Association of Southeast Asian Nations' (ASEAN) bertemu di Kuala Lumpur dan menanda tangani deklarasi atas "ASEAN Zone of Peace, Freedom, and Neutrality (ZOPFAN). (Asean sebagai kawasandamai, merdeka dan netral). Komponen utama dari ZOPFAN yang dituju oleh ASEAN adalah pembentukan SEANWFZ. Namun demikian sehubungan dengan suasana politik di kawasan yang kurang menguntungkan maka proposal resmi untuk pendirian kawasan bebas nuklir tersebut tertunda hingga pertengahan tahun 1980an. Setelah melakukan perundingan dan pembuatan naskah oleh suatu kelompok kerja ASEAN atas ZOPFAN, maka traktat SEANWFZ akhirnya ditanda tangani oleh kepala pemerintahan dari 10 negara anggota Asean di Bangkok pada tanggal 15 Desember 1995  dan mulai berlaku pada 27 Maret 1997

15 Desember  2008- Penandatanganan Piagam ASEAN

Tanggal 15 Desember 2008 menjadi momen bersejarah bagi Perhimpunan Bangsa se-Asia Tenggara -ASEAN.  Hari itu tidak saja menandakan pemberlakukan Piagam ASEAN, namun juga menjadi simbol bahwa semua dari sepuluh negara anggota masih mempertahankan kekompakan dan komitmen mereka untuk membentuk suatu komunitas yang solid di Asia Tenggara dan tak tergoyahkan oleh berbagai krisis. Pertemuan khusus tingkat menteri luar negeri ASEAN di Jakarta 15 Desember 2008 merupakan bukti kesungguhan komitmen itu.  Sebenarnya, pertemuan itu merupakan bagian dari paket Konfrensi Tingkat Tinggi - KTT yang sebenarnya dijadwalkan berlangsung di Bangkok. KTT urung terlaksana akibat krisis politik di Thailand. Padahal KTT tersebut  seharusnya menjadi forum yang monumental dengan memberlakukan Piagam ASEAN setelah diratifikasi semua anggota sejak 15 November 2008.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00