• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

14 December
13:33 2017
0 Votes (0)

HDS VOI : 14 Desember 1911, seorang penjelajah asal Norwegia Roald Amundsen dan empat rekannya menjadi orang pertama di dunia yang mencapai Kutub Selatan. 

Kami awali dengan tanggal 14 Desember 1911, seorang penjelajah asal Norwegia Roald Amundsen dan empat rekannya menjadi orang pertama di dunia yang mencapai Kutub Selatan. Ekspedisi Amundsen ini tiba lima pekan lebih cepat dari tim Inggris yang dipimpin Robert Falcon Scott sebagai bagian dari ekspedisi Terra Nova. Untuk menandai kesuksesannya itu, Amundsen mendirikan tenda di Kutub Selatan yang menjadi rumah sementara bagi para pionir itu. Setelah tim Amundsen meninggalkan tempat tersebut, tenda itu menjadi tempat istirahat tim Inggris pimpinan Kapten Scott.

14 Desember 1981, Israel memberlakukan Undang-Undang Dataran Tinggi Golan. 

Undang-undang Dataran Tinggi Golan ialah hukum yang dikeluarkan oleh Knesset atau parlemen Israel pada tanggal 14 Desember 1981, mengenai kedudukan Dataran Tinggi Golan. Israel menguasai wilayah itu dari Suriah pada Perang Enam Hari tahun 1967. Suriah gagal merebutnya kembali dalam Perang Yom Kippur pada tahun 1973. Tahun 1981, Israel memasukkan Golan ke wilayah hukum mereka. Komunitas internasional menganggap Golan adalah wilayah pendudukan Israel dan pembangunan permukiman di tempat itu adalah tindakan ilegal.

14 Desember 1995, perjanjian Dayton ditanda tangani. 

Perjanjian Dayton adalah nama perjanjian untukmenghentikan perang di Bosnia yang sudah berlangsung selama tiga tahun. Perjanjian ini disetujui dalam pertemuan yang diadakan di Pangkalan Udara Wright-Patterson di Dayton, Ohio. Perjanjian ini merupakan puncak dari semua perjanjian yang telah diupayakan PBB, Uni Eropa maupun negara-negara lainnya. Sebenarnya pertemuan Dayton berlangsung pada tanggal 1 dan 2 November 1995. Peserta utamanya adalah presiden Serbia, Slobodan Miloševi?, presiden Kroasia, Franjo Tu?man, presiden Bosnia, Alija Izetbegovi?, kepala negosiator Amerika, Richard Holbrooke dan Jenderal Wesley Clark. Namun persetujuannya ditanda tangani di Paris, Perancis pada 14 Desember 1995. Pembagian politik Bosnia-Herzegovina saat ini dan struktur pemerintahannya merupakan hasil persetujuan dari Perjanjian Dayton.

Hasil perundingan Dayton antara lain, Bosnia Herzegovina tetap sebagai negara tunggal secara internasional. Ibukota Sarajevo tetap bersatu di bawah federasi muslim Bosnia. Penjahat perang seperti yang telah ditetapkan mahkamah internasional tidak boleh memegang jabatan. Pengungsi berhak kembali ke tempatnya. Pelaksanaan pemilu menunggu perjanjian Paris.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00