• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

Kejadian Luar Biasa-KLB Penyakit Difteri

12 December
12:52 2017
0 Votes (0)

KOMENTAR VOI : Pada 11 Desember 2017 Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek beserta Gubernur DKI dan jajaran dari dinas kesehatan DKI Jakarta menyaksikan pemberian imunisasi Difteri serentak atau Imunisasi Tanggap Kejadian Luar Biasa-KLB Penyakit Difteri  (Diphtheria  Outbreak Response Immunizatios-ORI) kepada seorang siswa yang mewakili sejumlah tempat di Jakarta. 

Apa yang dilakukan ibu Menteri ini adalah dalam rangka penanganan penyakit serius yang tengah mewabah dan menghantui anak-anak maupun orang dewasa di sejumlah tempat.  Setidaknya diketahui ada 20 provinsi telah terjangkit dengan puluhan korban jiwa. Oleh sebab itu, Kementerian Kesehatan RI menetapkan status kejadian luar biasa atau KLB bagi wabah difteri. Data pada bulan Nopember 2017 menyatakan di Indonesia  ditemukan ada  622 kasus, 32 diantaranya dengan korban meninggal dunia.

Difteri adalah suatu penyakit akibat terjangkit bakteri yang bersumber dari Conynebacterium diphtheriae. Di masa lalu penyakit ini  menyebabkan ribuan kematian. Bahkan  hingga kini difteri  masih mewabah di beberapa daerah di Negara  yang belum berkembang. Bagi yang selamat,  efeknya dapat  menderita kelumpuhan otot-otot tertentu dan kerusakan permanen pada jantung dan ginjal.  Anak-anak yang berumur satu sampai sepuluh tahun sangat rentan  terkena penyakit ini.

Cepat tanggapnya pemerintah dalam menangani kejadian luar biasa Difteri ini patut diapresiasi. Mengacu kepada  pergerakan potensi penyebarannya, penyakit ini memang sangat berbahaya. Apalagi Indonesia adalah Negara yang sangat luas dengan jumlah populasi yang cukup banyak. Mobilitas penduduk pun sangat tinggi.  Semakin cepat wabah Difteri ini diatasi maka semakin banyak orang yang terselamatkan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00