• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Fokus

Hulu Sungai Citarum Dipulihkan

6 December
13:52 2017
0 Votes (0)

Kondisi dan kualitas air sungai Citarum terus mengalami penurunan karena tercemar sampah dan limbah pabrik. Sungai yang mengalir dari hulu Gunung Wayang di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat, dan tercatat sebagai salah satu sungai terkotor di dunia. 

Langkah yang dilakukan untuk memulihkan kondisi sungai antara lain membersihkan sampah dari sungai, penghijauan di bagian hulu, hingga mengedukasi masyarakat yang berada di sekitar hulu hingga hilir sungai yang memasok sekitar 80 persen kebutuhan air bersih warga Jakarta.

Panglima Daerah Militer 3/Siliwangi, Mayor jenderal TNI Doni Monardo, memberikan perhatian serius terhadap revitalisasi kawasan hulu sungai Citarum. Doni Monardo mengatakan, ia bersama para prajurit Komando Daerah Militer Siliwangi telah menyiapkan 40.000 bibit pohon Tarum. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.000 pohon akan ditanam di kawasan hulu sungai Citarum, Situ Cisanti, Bandung, sebagai upaya revitalisasi sungai terpanjang di Jawa Barat itu.

Doni Monardo menjelaskan, pemulihan ekosistem di hulu sungai Citarum akan berkaca pada kasus yang terjadi di Hutan Amazon, Brasil, yang sama-sama mengalami penggundulan hutan. Hutan sungai Amazon hampir habis pada tahun 70-an oleh pembabatan hutan ilegal. Saat itu pemerintah Brasil sudah sangat kewalahan dalam mengantisipasi perambahan hutan tersebut. Demikian disampaikan  oleh Mayor Jenderal Doni Monardo dalam acara silaturrahmi bersama masyarakat di hulu Citarum, Minggu (3/12).

Tidak hanya Brasil, Singapura dan Korea Selatan juga memiliki permasalahan serupa. Namun dengan adanya kerja sama antara pemerintah dan pihak-pihak terkait, akhirnya kedua negara tersebut berubah menjadi negara terbersih di dunia.

Untuk itu, selain keterlibatan militer, dalam upaya reboisasi ini perlu adanya satu komando terpusat. Saat ini sudah dilakukan pemetaan satuan tugas antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi Jawa Barat, aparat TNI dan Polri. Doni Monardo menambahkan, pemerintah provinsi sendiri akan bertindak sebagai komando yang menjembatani TNI, Polri, dan unsur terkait dalam upaya pemulihan ekosistem di hulu Sungai Citarum.

Selain prajurit Komando Daerah Militer 3 Siliwangi, Kepolisian Daerah Jawa Barat di bawah pimpinan Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto juga berpartisipasi dalam pemulihan daerah hulu sungai Citarum. Agung Budi secara simbolis melakukan penanaman 3 juta pohon di kecamatan Pasirjambu, Sabtu (2/12). Ia berharap, penanaman pohon yang dilakukan sekarang akan terasa manfaatnya dalam 5 hingga 10 tahun ke depan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00