• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

Start Up, Bisnis Yang Menjanjikan

27 November
14:07 2017
0 Votes (0)

Kota Surabaya, Jawa Timur, akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Perusahaan Rintisan atau Startup Nations Summit yang digelar Global Entrepreneurship Network pada November 2018. Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya, Muhamad Fikser, di Surabaya, Minggu (26/11/2017) mengatakan  Startup Nations Summit sebelumnya telah diselenggarakan di Toronto (Kanada), Kuala Lumpur (Malaysia), Seoul (Korea), Monterrey (Meksiko), Cork (Irlandia) dan Tallinn (Estonia).

Apa itu startup? Meski bagi sebagian orang istilah ini  mungkin masih asing di telinga, kini di Indonesia makin banyak saja  yang mengembangkan bisnis startup.

Menurut wikipedia, startup atau perusahaan rintisan merujuk pada semua perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah "startup" menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot.com (dot-com bubble), yaitu  periode antara tahun 1998–2000 saat banyak perusahaan  berbasis  daring atau on-line  yang dikenal sebagai dot-com didirikan secara bersamaan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat,  bermunculanlah pebisnis-pebisnis muda yang memulai usaha dengan mengandalkan dan memanfaatkan internet sebagai tempat mencari nafkah.  Ada banyak jenis bisnis berbasis internet yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan membangun perusahaan startup. 

Perkembangan startup di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat dan menggembirakan. Setiap tahun, bahkan setiap bulan, banyak pemilik (founder) startup baru yang bermunculan. Menurut dailysocial.com, saat ini ada lebih dari 1500 startup lokal di Indonesia. Potensi pengguna internet di Indonesia, yang  terus meningkat dari tahun ke tahun, tentu menjadi ladang basah untuk mendirikan bisnis Startup. Hingga kini, Indonesia telah memiliki banyak  perusahaan startup yang sudah berkembang pesat seperti Bukalapak, Tokopedia, Bhineka, HijUp,  Ruangguru, Go-Jek, dan lain-lain

Sebuah penelitian baru dari Google dan AT Kearney menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan investor terhadap pasar startup Indonesia yang cukup tinggi. Hal ini berdampak terhadap investasi perusahaan startup, sehingga tumbuh 68 kali lipat dalam 5 tahun terakhir, yaitu dari US$ 1,4 miliar pada 2016 melesat menjadi US$ 3,0 miliar di bulan ke-8 pada tahun ini.

Menurut lembaga riset pasar e-Marketer pada 2014 saja jumlah pengguna internet di Indonesia telah  mencapai 83,7 juta orang. Diperkirakan,  jumlah tersebut akan mencapai 112 juta orang di tahun 2017. Sudah bisa dipastikan,  startup akan menjadi ladang dunia usaha yang menjanjikan di Indonesia. 

Berkembangnya  tingkat kepercayaan investor terhadap pasar startup Indonesia tentu saja diharapkan akan meningkatkan perekonomian nasional.  Pada gilirannyanya, ini akan mampu menyerap tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00