• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Umbul Cokro Jawa Tengah

20 November
11:41 2017
1 Votes (5)

VOI PESONA INDONESIA Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Di kabupaten ini berdiri sebuah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi, yaitu  Candi Prambanan. Candi ini hingga kini menjadi salah satu objek wisata unggulan tidak hanya di Klaten, melainkan juga di Jawa Tengah. Selain Candi Prambanan, Klaten juga punya objek wisata menarik lainnya, yaitu Umbul Cokro.

dalam bahasa setempat, “Umbul” berarti pemandian. Jadi, objek wisata Umbul Cokro merupakan tempat pemandian yang airnya berasal dari mata air Sungai busur. Karena terletak di aliran mata air sungai busur, air yang terdapat pada kolam Umbul Cokro terbilang jernih dan bersih.

Kawasan wisata tirta ini juga terbilang sejuk, karena dikelilingi pepohonan rindang. Umbul Cokro terletak di desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Letaknya tak jauh dari kota Klaten. Lokasi wisata ini kurang lebih 15 kilometer di sebelah barat Kota Solo dan dapat ditempuh dengan transportasi darat melalui rute Solo – Kartosuro – Cokro.

memasuki Umbul Cokro, pengunjung harus membayar tiket sebesar 10.500 Rupiah per orang. Untuk menuju ke kolam pemandian, pengunjung harus melewati jembatan gantung yang cukup panjang

Di kawasan seluas 15.000 meter ini, ada banyak kolam pemandian. Pengunjug dapat sepuasnya berenang menikmati kesegaran Umbul Cokro. Di sini sudah tersedia berbagai fasilitas, seperti kamar ganti dan bilas yang tersedia di setiap sudut lokasi wisata ini. Selain itu juga terdapat warung makan dan minum yang tersebar di lokasi wisata.

kini selain kolam pemandian, Umbul Cokro juga dilengkapi fasilitas hiburan air seperti water sliding, flying fox, taman air, pancuran, dan kolam bermain. Umbul Cokro juga menyediakan saung atau tempat untuk bersantai dan beristirahat ketika selesai berenang.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan kesegaran air Umbul Cokro dengan nyaman, hindarilah datang ke lokasi wisata ini pada hari-hari besar dan menjelang bulan puasa, karena jelang puasa masyarakat setempat mempunyai tradisi tahunan bernama padusan.

Padusan adalah mandi dengan niat membersihkan atau mensucikan diri sebelum bulan Ramadhan. Masyarakat akan berbondong-bondong menuju umbul atau sumber mata air untuk mandi. Mereka mensucikan diri dengan cara mandi keramas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00