• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

19 November
13:53 2017
1 Votes (5)


 
VOI HDS Operasi Uranus ialah pengepungan kota Stallingrad, Soviet  dalam Perang Dunia II oleh angkatan bersenjata Jerman selama. Pengepungan rangkap dilancarkan pada 19 November 1942 dengan serangan ganda, yang akhirnya bertemu di daerah Kalach 4 hari kemudian. Pengepungan dan peperangan berhari hari merebut kota Stalingrad ini banyak menimbulkan korban jiwa terutama warga kota. Karena selama masa pengepungan Warga kehabisan bahan pangan di saat musim dingin. Dengan strategi yang jitu, Pasukan Merah dari Uni Sovyet , berhasil memukul mundur pasukan tempur Jerman dari Kota yang kini bernama Saint Petersburg. Mundurnya pasukan Jerman di Stalingrad, bukan hanya terlalu lama nya masa pengepungan, akan tetapi karena faktor cuaca yang cukup dingin, terhambatnya perbekalan telah membuat semangat pasukan Jerman menjadi menurun drastis. Kekalahan Jerman di Stalingrad sedikit banyak memukul moral Tentara Jerman dalam Perang Dunia ke II di daratan eropa. Setelah sebelumnya dalam waktu kurang dari 3 tahun berhasil menguasai hampir daratan Eropa. 
 
19 Naopember 1969 Pele Mencetak Gol ke 1000 Dalam Karirnya
.
Edison Arantes do Nascimento atau lebih dikenal sebagai Pelé  pada 19 November 1969 legenda sepakbola dunia asal Brasil itu mencetak gol ke-1000 dalam karier profesionalnya yang gemilang. Gol bersejarah itu tercipta saat Pele membela Santos di laga kontra Vasco da Gama. Pele mencetak gol ke-1000 dalam kariernya melalui eksekusi penalti di laga yang berlangsung di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. Selama kariernya sebagai pemain, Pele berhasil membawa Brasil menjadi Juara Dunia Sepak bola sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1958 di
Swedia, tahun 1962 di Chili, dan tahun 1970 di Meksiko. Berkat keberhasilannya tersebut, Brasil berhak atas Piala Jules Rimet. Pelé mendapatkan julukan O Rei atau Sang Raja. Pelé kemudian pensiun sebagai pemain Santos pada tahun 1972. Kemudian bermain di Liga Sepak Bola Amerika Utara.
 
19 Nopember 1977 Anwar Sadat Pemimpin Pertama Yang Resmi Mengunjungi Israel Dan Bertemu Perdana Menteri Menachem Begin.
 
Anwar Sadat pada 19 November 1977 menjadi pemimpin Arab pertama yang mengunjungi Israel. Ini merupakan kunjungan kontroversial mengingat Mesir bersama negara-negara Arab selalu berperang melawan negara zionis itu. Para petinggi Israel saat itu yang menyambut kunjungan Anwar Sadat  adalah Presiden Ephraim Katzir dan Perdana Menteri Menachim Begin. Tembakan meriam sebanyak 21 kali turut menyambut kedatangan pemimpin Mesir itu.   Pada tahun 1978, terciptalah Perjanjian Damai Camp David, yang mana Anwar Sadat dan Menachem Begin akhirnya menerima Hadiah Nobel Perdamaian. Bagaimanapun tindakan ini ditentang hebat oleh dunia Arab. Pada 6 Oktober 1981, Presiden Anwar Sadat tewas ditembak dalam sebuah parade militer oleh anggota tentara anggota Jihad Islam. Ini merupakan organisasi muslim Mesir berhaluan keras yang menentang perjanjian damai Mesir dengan Israel.
 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00