• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

18 November
13:36 2017
0 Votes (0)

VOI HDS Muhammadiyah adalah sebuah organisasi Islam yang besar di Indonesia. Nama organisasi ini diambil dari nama Nabi Muhammad SAW, sehingga Muhammadiyah juga dapat dikenal sebagai orang-orang yang menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW. Tujuan utama Muhammadiyah adalah mengembalikan seluruh penyimpangan yang terjadi dalam proses dakwah. Gerakan Muhammadiyah berciri semangat membangun tata sosial dan pendidikan masyarakat yang lebih maju dan terdidik, menampilkan ajaran Islam bukan sekadar agama yang bersifat pribadi dan statis, tetapi dinamis dan berkedudukan sebagai sistem kehidupan manusia dalam segala aspeknya.

Pada tahun 1912, Maroko menjadi wilayah protektorat Perancis dan sebagian kecil wilayahnya dikuasai Spanyol. Perjuangan mendapatkan kemerdekaan penuh terus dilakukan rakyat Maroko, baik melalui jalur perundingan maupun jalur peperangan. Di jalur peperangan, Maroko selalu mengalami kegagalan, karena dalam bidang persenjataan tentara Perancis jauh lebih maju. Setelah melakukan perjuangan dengan berbagai cara akhirnya Maroko memperoleh kemerdekaan penuh pada tanggal 18 November tahun 1956. 

Wilayah yang kini disebut Provinsi Bengkulu pada awalnya adalah wilayah dari beberapa kerajaan kecil. Tahun 1685-1824 wilayah Bengkulu termasuk dalam salah satu wilayah yang berada dalam pendudukan penjajah Inggris. Pada masa penjajahan Belanda, tahun 1824-1942, dilaksanakan cultuur stelsel atau Sistem Tanam Paksa tanaman kopi, kerja rodi, pungutan pajak, eksploitasi tambang emas di Rejang Lebong, dan diadakan perbedaan kelas antara pribumi, Eropa, dan Tiongkok. Bengkulu juga pernah dijadikan oleh pemerintah kolonial Belanda sebagai tempat pengasingan Soekarno pada masa perang perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Setelah proklamasi kemerdekaan 1945, seluruh wilayah kerajaan yang ada di daerah ini diubah statusnya menjadi Karesidenan dalam lingkup administratif Provinsi Sumatra Selatan, dan akhirnya dijadikan provinsi sendiri pada tanggal 18 November 1968. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00