• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Kolam Abadi dan Air Terjun Tongkat Binjai di Provinsi Sumatra Utara

12 November
10:32 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Sumatra Utara selain mempunyai daerah wisata yang bernama Danau Toba juga mempunyai tempat wisata lain yang bernama Air Terjun Tongkat dan Kolam Abadi yang keindahannya akan membuat anda tidak berkedip. Air Terjun Tongkat dan Kolam abadi memang dua daerah wisata yang tidak dapat dipisahkan.  Letaknya di Desa Rumah Galuh, Kelurahan Namuukur, Kecamatan  Sei Bingai, Kabupaten Langkat.

Letak lokasi tempat wisata Air terjun Tongkat dan Kolam Abadi  tidak begitu jauh dari kota Medan, kira-kira hanya satu jam perjalanan dari kota Medan atau sekitar 28 Km dari pusat kota Binjai.  Karena lokasi  Air Terjun dan kolam Abadi ini tidak jauh dari kota Medan, maka sangat memudahkan wisatawan untuk mengunjunginya.

Karena perjalanan akan melintasi hutan, maka diperlukan pemandu untuk sampai ke Air terjun Tongkat dan Kolam Abadi. Untuk pemandu ini biasanya anda harus membayar Rp. 40.000. Di dalam perjalanan terdapat beberapa pos atau bisa juga disebut  warung yang bisa menjadi tempat untuk beristirahat dan juga menyediakan  makanan ringan dan minuman. Jadi anda tidak perlu khawatir apabila lapar dan haus.

Begitu anda sampai di Air Terjun Lau Balis atau yang lebih dikenal dengan Air terjun tongkat, anda akan tahu mengapa air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Tongkat. Ini karena  di Air terjun ini ada sebatang kayu dari pohon yang sangat besar dan tinggi menyerupai tongkat raksasa dengan posisi seperti bersandar di aliran air terjun itu. Menurut masyarakat setempat, kayu itu sudah kurang lebih 20 tahun bersandar  di aliran air terjun tersebut. Air terjun ini mengaliri sungai Sei Bingai dan airnya bermuara ke Selat Malaka.

Setelah puas anda menikmati keindahan  Air Terjun Tongkat, selanjutnya anda bisa menyusuri aliran sungai  untuk menuju Kolam Abadi. Kolam abadi ini terkenal karena mempunyai  kejernihan yang luar biasa.  Kolam ini dalamnya kurang lebih dua atu tiga meter, walaupun demikian Anda bisa menikmati kejernihan airnya yang berwarna kebiru-biruan dengan dinding-dinding sungai yang masih asri.  Di kolam Abadi ini anda bisa mandi sepuasnya, selain itu anda juga bisa menguji adrenalin dengan loncat dari dinding sungai yang mempunyai ketinggian kurang lebih 4 meter.

waktu yang tepat untu berkunjung ke Air terjun Tongkat dan Kolam Abadi adalah pagi hari. Dan jika anda tidak menginginkan suasana yang ramai, hindarilah berkunjung ke Air Tejun Tongkat dan Kolam Abadi pada hari Minggu atau hari libur. Karena pada hari-hari tersebut , tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari daerah setempat. Pada waktu berkunjung ke Air Terjun Tongkat dan Kolam Abadi jangan lupa untuk membawa kamera anda., untuk mengabadikan keindahan di dua tempat wisata ini.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00