• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Warna Warni

Hari Kesehatan Nasional 2017

12 November
10:29 2017
0 Votes (0)

VOI WARNA WARNI Tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional. Peringatan ini berawal dari upaya pemberantasan penyakit malaria yang mewabah di Indonesia pada era 50an. Upaya pemberantasan Malaria saat itu dilakukan oleh pemerintah dengan dibantu organisasi kesehatan dunia WHO dan USAID. Pemberantasan Malaria dilakukan menggunakan obat jenis DDT. Penyemprotan obat tersebut dilakukan secara masal di rumah – rumah penduduk di pulau Jawa, Bali dan Lampung. Presiden saat itu, Soekarno, melakukan penyemprotan pertama secara simbolis pada tanggal 12 November 1959 di desa kalasan, Kota Yogyakarta. Sejak itu tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Nasional untuk diperingati setiap tahunnya. Selian penyemprotan oleh pihak terkait, juga dilakukan penyuluhan yang bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyakit Malaria. Hingga saat ini, Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tahunnya dengan tujuan agar dapat memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan untuk masyarakat Indonesia.

Tahun 2017 merupakan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-53 dengan tema Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku. Tema ini difokuskan pada kesejahteraan keluarga di Indonesia. Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek dalam sambutan tertulis untuk peringatan HKN 2017 menyatakan, tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga,  dimana keluarga sebagai pendorong masyarakat untuk hidup sehat.  Dikatakan bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit, selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana prasarana pelayanan kesehatan adalah perilaku keluarga yang berdampak besar pada pembentukan perilaku individu.

Keluarga merupakan tempat belajar pertama bagi anak-anak. Pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang. Karena itu menurut Nila, semua pihak perlu terus berupaya membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga. Program lain yang didorong pemerintah adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Dengan GERMAS, pemerintah mengajak lintas sektor dan lintas program untuk bekerja sama mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat. Pada akhirnya, dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat. Dengan mendorong Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga dan GERMAS, Kemenkes berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tinginya dan tercipta masyarakat produktif yang berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Dalam sambutan tertulisnya Nila mengajak masyarakat mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Indonesia Sehat dapat diwujudkan melalui keluarga-keluarga yang sehat, sehingga membentuk masyarakat sehat. Berprilaku hidup bersih dan sehat, selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, teratur, sayur dan buah, serta senantiasa berolah raga atau melakukan aktivitas fisik, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Lebih lanjut Menkes mengatakan peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum bagi seluruh insan kesehatan khususnya jajaran Kementerian Kesehatan merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia. Menteri Nila Moeloek mendorong agar Peringatan HKN ke-53 ini juga dimeriahkan oleh seluruh jajaran kesehatan dan Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, UPT Pusat dan Daerah, serta Organisasi Kemasyarakatan.  

Pada peringatan HKN ke-53 ini Kementerian Kesehatan menyelenggarakan serangkaian kegiatan, seperti Upacara, Tabur Bunga untuk para Pahlawan, Seminar Kesehatan, Parade Doktor, Pameran, Car Free Day, Jalan Sehat, Sepeda Sehat dan berbagai Lomba, di mana sejumlah kegiatan dilaksanakan di Bundaran HI Jakarta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00