• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

11 November
14:00 2017
0 Votes (0)

VOI HDS Perundingan Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Perundingan yang dihadiri oleh perwakilan dari Indonesia dan Belanda ini diselenggarakan pada 11 – 15 November 1946, di Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat. Hasil yang paling diingat dari perundingan ini adalah adanya pengakuan de facto Republik Indonesia dari Belanda dengan wilayah kekuasaan meliputi Sumatra, Jawa, dan Madura. Bukan hanya Belanda, perundingan Linggarjati juga berdampak terhadap negara asing lainnya yang berangsur-angsur mengakui kekuasaan RI. Hasil perundingan lainnya adalah kesepakatan pembertukan Republik Indonesia Serikat yang membuat Indonesia harus menjadi bagian persemakmuran kerajaan Belanda. Perundingan LInggarjati ini membuat Indonesia terhindar dari banyaknya korban jiwa yang jatuh jika dibanding dengan melakukan peperangan.

Presiden Otoritas Nasional Palestina dan Ketua Organisasi Pembebasan Palestina atau PLO ini diumumkan meninggal dunia pada 11 November 2004, pukul 3:30 AM UTC, dalam usia 75 tahun. Tim dokter Perancis yang merawatnya menyatakan, pendarahan hebat pada pembuluh darah di otak sebagai penyebab kematiannya. Pada awalnya, rekam medis Arafat tidak dirilis oleh para pejabat tinggi Palestina, dan istrinya meminta agar tidak dilakukan otopsi.

Pada 30 Oktober 2014, di Jakarta, ditetapkan Hari Bangunan Indonesia jatuh pada 11 November, dan peresmiannya dilakukan pada 11 November 2014  Hari Bangunan Indonesia merupakan inisiatif dari beberapa tokoh nasional dan didukung oleh para pelaku dan praktisi di sektor konstruksi yang bertekad memberikan kontribusi signifikan agar pembangunan Indonesia benar-benar berkualitas dan berkelanjutan. Dipilihnya tanggal 11 November sebagai Hari Bangunan Indonesia karena angka yang tersusun terdiri atas angka satu, melambangkan pilar-pilar bagunan yang kokoh. Selain itu, tanggal yang jatuh pada akhir tahun ini bisa dijadikan momentum untuk mengevaluasi perkembangan bangunan di Indonesia selama satu tahun.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00