• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

10 November
13:13 2017
0 Votes (0)

VOI HDS Pada tanggal 10 Nopember Hirohito dilantik secara resmi menjadi Kaisar Jepang ke-124.

Hirohito atau yang dikenal sebagai Kaisar Showa adalah kaisar Jepang yang ke-124. Ia dinobatkan menjadi kaisar pada tanggal 25 Desember 1926 setelah ayahnya Kaisar Taisho meninggal. Ia dilantik secara resmi  pada tanggal 10 November, 1928, di Tokyo. Dalam sejarah Jepang dia adalah Kaisar terlama yang memerintah (1926-1989) dan merupakan salah satu tokoh penting pada masa Perang Dunia II dan pembangunan kembali Jepang. Sebelum naik takhta ia dikenal sebagai Pangeran Michi. Masa kekuasaannya sebagai kaisar dikenal sebagai era Showa yang berarti damai, cerah budi. Namun ironisnya, justru pada saat itu, Jepang terlibat perang melawan RRT dan akhirnya dalam Perang Dunia II. Di Indonesia, ketika masa pendudukan Jepang (1942-1945) Hirohito dikenal sebagai Tenno Heika yang berarti "Yang Mulia Kaisar".

Kamu beralih ketanggal 10 November 1945, Peristiwa 10 Nopember, perang terhadap pasukan sekutu di Surabaya dimulai.Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Britania Raya. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota SurabayaJawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme

Kami akhiri dengan tanggal 10 Nopember 1963 GANEFO pertama diadakan di Jakarta
Pada masa pemerintahan Bung Karno, Indonesia pernah membuat dunia terkejut dalam bidang olahraga, yaitu dengan diadakannya GANEFO  atau Games of New Emerging Forces, yaitu  event olahraga antar negara, mirip seperti olimpiade, namun pesertanya adalah negara-negara berkembang. Bung Karno sendiri juga yang menyatakan bahwa pelaksanaan GANEFO ini untuk menandingi Olimpiade. Bung Karno melakukan GANEFO setelah pada Asian Games di Jakarta tahun 1962, ia melarang Israel dan Taiwan ikut serta karena alasan politik. Indonesia diskors komite olimpiade Internasional dan memutuskan keluar dari Komite Olimpiade Internasional. GANEFO pertama dilangsungkan di Jakarta, 10 November 1963, dan diikuti oleh 2000 atlet dari 51 negara di Asia, Africa, Amerika Latin, dan Eropa. Motto dalam GANEFO ini adalah Maju Terus Jangan Mundur  atau Onward! No Retreat. Penyelenggaraan GANEFO ini diboikot negara-negara barat, meski tetap berlangsung. Komite Olimpiade Internasional juga memberi peringatan kepada atlet-atlet yang ikut GANEFO, bahwa mereka yang ikut GANEFO dilarang ikut olimpiade. GANEFO kedua direncanakan diadakan tahun 1967 di Kairo, Mesir namun gagal karena masalah politik. Namun sempat diadakan Asian GANEFO tahun 1966 di Kamboja dan pesertanya hanya dari negara Asia. Asian GANEFO kedua direncanakan diadakan di Korea Utara, namun hal itu tak pernah terjadi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00