• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Fokus

Indonesia Dukung Proses Perdamaian di Afghanistan

10 November
13:10 2017
0 Votes (0)

VOI FOKUS  Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani di Kabul, Senin 6 November waktu setempat. Pada kesempatan itu, Retno Marsudi membahas tindak lanjut soal proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan. Keterangan pers Kementerian Luar Negeri, Selasa 7 November 2017  menyebutkan kunjungan Retno Marsudi ke Afghanistan merupakan momen bersejarah. Sebab terakhir kali Menteri Luar Negeri Indonesia berkunjung ke Afghanistan pada 1961 lalu,  ketika Menteri Luar Negeri Republik Indonesia  dijabat oleh Soebandrio. Sejumlah hal dibahas dalam pertemuan antara Retno Marsudi dengan Ashraf Ghani di Kabul. Salah satunya mengenai proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan. Hal tersebut  menjadi tindak lanjut dari kunjungan Presiden Afganistan Ashraf Ghani ke Indonesia pada tanggal 5-6 April 2017.

Dalam kunjungan tersebut Presiden Ashraf Ghani mempelajari pengalaman Indonesia dalam penanganan konflik dan terorisme. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Presiden Afghanistan bertemu dengan para ulama Indonesia, terutama para ulama Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) di Masjid Istiqlal, Jakarta untuk mebahas tentang moderasi Islam dan toleransi. Selain itu dalam kesempatan tersebut, Afghanistan ingin belajar dari pengalaman Indonesia dalam membangun dan mempertahankan perdamaian. Retno Marsudi menyatakan  komitmen Indonesia untuk mendukung proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan. Ia menegaskan, sebagai negara dengan populasi Islam terbesar di dunia, Indonesia adalah contoh dalam membangun perdamaian Afghanistan.

Usai bertemu dengan Presiden Ashraf Ghani, Menteri Luar Negeri  Retno Marsudi juga bertemu dengan Ketua High Peace Council (HPC) Afghanistan Mohammad Karim Khalili. Pertemuan tersebut  membahas tentang persiapan kunjungan HPC ke Indonesia atas undangan Presiden Joko Widodo. Usai pertemuan dengan ketua HPC, Retno Marsudi melanjutkan diskusi dengan Menteri Luar Negeri Afghanistan Salahuddin Rabbanni. Keduanya membahas kerja sama yang mendorong peningkatan perdagangan, investasi, dan hubungan sosial-budaya antara Indonesia - Afghanistan.

Menurut Retno Marsudi, pihaknya juga melakukan penandatanganan memorandum kerja sama antara Badan Usaha Milik negara ( BUMN ) Indonesia dan mitranya dari Afghanistan untuk proyek pembangunan bandara. Selain itu, BUMN  Indonesia  juga membahas tentang proyek pembangunan perumahan dan jalan. Dikatakan, pihaknya juga meningkatkan kerja sama dalam berbagai sektor, dari ekonomi, peace building, hingga rekonsiliasi. Dari aspek ekonomi, terjadi peningkatan hubungan antara sektor privat kedua negara.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menjelaskan,  pihaknya menandatangani memorandum tentang pembangunan klinik kesehatan yang berada di dalam bangunan Indonesian Islamic Centre di Kabul. Serta berbagai kerja sama di bidang pendidikan. Usai kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi  menegaskan, Indonesia - Afghanistan juga berkomitmen akan meningkatkan rencana kerja sama mengenai peningkatan sumber daya manusia di bidang penegakan hukum, upaya deradikalisasi gerakan ekstremisme, dan proses perdamaian serta rekonsiliasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00