• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

Kunjungan Kenegaraan Donald Trump ke Asia.

10 November
13:07 2017
0 Votes (0)

VOI KOMENTAR Setelah berkunjung ke Jepang, Presiden Amerika Serikat melanjutkan kunjungan kenegaraannya ke Tiongkok, dilanjutkan kemudian ke Rusia, Vietnam serta Pilipina. Pertanyaannya, mengapan dalam lawatan Asia pertamanya sejak menjadi Presiden, Trump tidak mengunjungi Indonesia ?

Bagi Donald Trump, kunjungannya yang pertama rupanya lebih di arahkan ke kawasan Asia Timur dan bukan ke Asia Tenggara atau Asia Selatan. Jepang dipilih sebagai negara pertama. Sangat boleh jadi ada dua pertimbangan utama mengapa negeri Sakura menjadi prioritas pertama. Bagi Amerika, Jepang adalah negara yang langsung berhadapan dengan Korea Utara, selain Korea Selatan tentunya. Kunjungan ke Jepang selain dapat dilihat dari perspektif ekonomis, juga mengandung pendekatan keamanan. Setelah terpuruknya Jepang akibat serangan Bom Atom Nagasaki dan Hiroshima, Amerika Serikat adalah negara yang mendukung Jepang termasuk dari sisi pertahanan.

Korea Selatan dan RR Tiongkok  sebagai negara yang dikunjungi selanjutnya tentu memiliki kedudukan strategis bagi Amerika Serikat. Kedua ekonomi kuat di Asia itu, terutama Tiongkok, mempunyai kekuatan ekonomi dan pasar yang sangat besar. Selain itu, Korea Selatan adalah sekutu dekat Amerika Serikat yang mengalami ancaman langsung dari Korea Utara. Menjaga hubungan baik dengan Beijing, bagi Washington merupakan perpaduan strategi competition dan cooperation, pesaing yang dirangkul untuk bekerjasama. Pertanyaannya mengapa Trump lebih memilih Vietnam dan Pilipina dibanding Indonesia ?

Dalam kunjungan ke Vietnam, Trump akan menghadiri KTT APEC di Danang sedangkan di Filipina, Presiden Amerika Serikat itu akan mengikuti konferensi khusus yang diikuti selain Filipina juga negara negara di Pasifik. Terlepas dari kedua acara itu, Vietnam dan Filipina adalah mitra strategis Amerika Serikat dalam hal strategi geopolitik Laut Cina Selatan. Kedua negara itu, Vietnam dan Filipina, berhadapan langsung dalam sengketa kepulauan Spratly dengan Beijing. Karena itu untuk menjaga keseimbangan, Washington melihat Vietnam dan Filipina strategis dalam berhadapan dengan Beijing dalam hal Laut Cina Selatan. Dalam perspektif itulah dapat dijelaskan mengapa Donald Trump tidak sekaligus berkunjung ke Indonesia dalam lawatan kenegaraan pertamanya ke Asia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00