• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

Memaknai Hari Pahlawan

9 November
13:33 2017
0 Votes (0)

KOMENTAR VOI : Saudara pendengar di mana saja berada, setiap  tanggal  10 November bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan. Suatu hari yang penting dalam sejarah bangsa Indonesia.  Khususnya terkait upaya  mempertahankan kemerdekaan dan menunjukan kepada masyarakat Internasional keberadaan Republik Indonesia saat baru  saja diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945.  Terjadi pertempuran heroic untuk mempertahankan kemerdekaan dari serangan asing di   Surabaya pada  10 November 1945. Inilah landasan diperingatinya dan ditetapkannya tanggal tersebut sebagai hari pahlawan.  Untuk tahun ini hari pahlawan bertemakan  Perkokoh Persatuan Membangun Negeri

Wakil Ketua Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan Negara  Jimly Asshiddiqie mengatakan, semangat kepahlawanan memang penting bagi bangsa Indonesia. Semangat kepahlawanan tersebut harus ternaman di hati generasi masyarakat sekarang. Menurutnya, Indonesia saat ini sudah membangun dan menikmati kebebasan demokrasi. Karena itu,  sikap kepahlawanan yang mengusung rasa nasionalisme kebersamaan ketimbang individualisme harus diutamakan.

Sementara itu,  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa  meminta Hari Pahlawan dijadikan  momentum untuk membangun semangat patriotisme. Ia  mnghimbau kepada para orang tua untuk memperkenalkan para pahlawan kepada anak-anak mereka. Menurut  menteri Sosial, dengan memperkenalkan perjuangan para pahlawan, sikap patriotis bisa menular kepada anak-anak atau seluruh generasi muda Indonesia.

Senada dengan Menteri Sosial, Agustanzil, Sekretaris Jenderal, Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia yang juga ketua Panitia Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017 mengatakan momentum Hari Pahlawan harus dijadikan penyokong bagi  masyarakat Indonesia untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Menurutnya,  sikap rela dan siap menderita untuk menjaga harkat dan martabat kemanusiaan, kehormatan keluarga  dan kemuliaan bangsa adalah sangat penting.

Memang,  dalam memaknai arti Pahlawan, tidak harus merujuk pada kekuatan fisik untuk berjuang dan melawan musuh. Usai proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, hal terpenting hingga saat ini adalah bagaimana mengisi kemerdekaan tersebut.  Seperti yang diamanatkan  para pendiri bangsa,  usai kemerdekaan, tahap selanjutnya   yang harus dijalani bangsa Indonesia adalah terus memupuk persatuan,  sehingga dapat menjadi negara yang kuat,  berdaulat, adil dan makmur.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00