• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Fokus

Hadapi MEA : Produk UMKM di Kabupaten Sumedang Harus Berdayasaing

9 November
13:31 2017
0 Votes (0)

FOKUS VOI : Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumedang harus dapat bersaing dengan produk asing. Hal tersebut disampaikan Bupati Sumedang Ir H. Eka Setiawan seusai membuka kegiatan Pengembangan Jaringan dan Kemitraan UMKM dalam Era MEA di Aula Desa Haurngombong, Senin (6/11).

Eka Setiawan mengatakan, banyak produk UMKM yang berasal dari Sumedang dan sudah beredar di Indonesia. Namun, perlu ditingkatkan terutama dalam kemasannya, agar tidak kalah bersaing dengan produk luar. Untuk itu, Pemerintah daerah (pemda) Sumedang akan berupaya membantu masyarakat dalam meningkatkan produktifitas dan kualitasnya termasuk membantu permodalan berupa memfasilitasi kredit melalui sejumlah Bank dengan angsuran bunga cukup ringan.

Bahkan secara teknis, jika pelaku UMKM membutuhkan modal akan didampingi petugas dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sumedang melalui program Pemda yakni, Kredit Senyum Manis (Kesuma) yang bekerjasama dengan Bank Sumedang. Melalui program tersebut, maksimal kredit pelaku UMKM hanya 5 juta rupiah dan akan naik secara bertahap dengan bunga sebesar 6 persen pertahun.

Bupati Eka Setiawan memberikan pilihan kepada pelaku UMKM, ada juga program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 9 persen pertahun melalui Bank pemerintah maupun swasta. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan usaha para pelaku UMKM dari usaha mikro menjadi usaha kecil, usaha kecil menjadi menengah dan menengah menjadi besar.

Bupati Eka Setiawan mencontoh salah satunya, pelaku UMKM di Desa Haurngombong Kecamatan Pamulihan yang didominasi produk kuliner seperti, pengolahan Ubi Cilembu, Susu murni, Singkong dan berbagai produk olahan lain yang hingga kini tetap eksis serta masih dikonsumsi masyarakat.

Sementara, Kepala desa Haurngombong, Cecep Saefudin mengatakan, sangat menyambut baik program Pemda untuk meningkatkan Produktifitas dan kualitas bagi pelaku UMKM di Desa Haurngombong. Agar, keberadaan pelaku UMKM bisa terus maju dan berkembang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00