• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Air Terjun Tapian Puti

8 November
12:05 2017
0 Votes (0)

Objek wisata di Sumatera Barat yang menarik selalu menjadi tempat yang tepat untuk mengisi waktu liburan atau sekedar melepas penat dari jenuhnya aktifitas sehari-hari. Provinsi Sumatera Barat memang terkenal banyak objek wisata alam karena wilayahnya yang berupa perbukitan dan kawasan hutan yang terbentang luas. Oleh karena itu, tak heran di Sumatera Barat banyak terdapat tempat wisata alam yang masih alami. Salah satunya adalah Air Terjun Tapian Puti.

Air Terjun Tapian Puti merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang cukup populer. Objek wisata yang terletak di Desa Nagari, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman ini terbentuk karena proses alam. Terletak di daerah perbukitan, air terjun ini terbentuk dari aliran air. Air tersebut mengalir di atas bebatuan dan perlahan mengikis bebatuan sedikit demi sedikit sehingga membentuk air terjun mini dan beberapa kolam kecil. Oleh karena itu, Air Terjun Tapian Puti memiliki beberapa air terjun mini sebanyak 7 tingkatan. Setiap tingkatan memiliki kolam-kolam kecil yang dimanfaatkan sebagai tempat pemandian oleh wisatawan dan masyarakat sekitar.

Meski sudah menjadi tempat wisata yang dibuka untuk umum, masyarakat setempat masih menggunakan Air Terjun Tapian Puti untuk melakukan tradisi. Namanya adalah Tradisi Balimau yang merupakan sebuah tradisi mandi yang dilakukan untuk membersihkan diri dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Hingga kini, Tradisi Balimau masih rutin dilaksanakan oleh masyarakat Minangkabau setiap tahun. Biasanya tradisi ini dilakukan satu hari menjelang Bulan Ramadan.

selain keunikan dan keindahan alam, legenda Air Terjun Tapian Puti pun tak kalah menarik. Menurut masyarakat setempat, tempat ini merupakan tempat pemandian yang biasa digunakan oleh 7 putri yang berasal dari khayangan. Masyarakat setempat percaya bahwa ketujuh putri tersebut mandi di masing-masing 7 tingkatan kolam tersebut. Hal ini juga yang memengaruhi penamaan dari tempat wisata ini yaitu Tapian Puti yang berarti tempat pemandian para putri.

Air Terjun Tapian Puti dapat ditempuh dari Kota Padang dengan jarak 40 kilometer. Mengunjungi objek wisata ini wisatawan dianjurkan membawa kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua mau pun roda empat karena belum ada transportasi umum yang menuju ke lokasi. Dari Kota Padang, ambil rute ke Kecamatan Lubuk Alung menuju Nagari Sikabu. Tiba di Nagari Sikabu, wisatawan akan menempuh perjalanan sekitar 1,6 km hingga sampai ke pintu masuk Korong Sikabu Bukik. Dari pintu masuk tersebut, perjalanan masih berlanjut hingga sampai di atas bukit yang terdapat sebuah lahan kosong yang dijadikan sebagai area parkir. Dari area parkir ini berarti Air Terjun Tapian Puti sudah semakin dekat. Perjalanan dilanjutkan dengan trekking ringan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00