• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Komentar Voice Of Indonesia

Mahasiswa Indonesia Harus Meningkatkan Minat Usaha

7 November
14:00 2017
0 Votes (0)

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meminta mahasiswa Indonesia untuk tidak lagi bermimpi menjadi pegawai negeri sipil. Hal itu disampaikan pada 4 November 2017, setelah meresmikan Rumah Sakit  Universitas Andalas di Padang Sumatra Barat.  Jusuf Kalla mengingatkan agar  para sarjana untuk tidak bercita-cita bekerja di kantor.

Himbauan wakil presiden itu, tentu didasari pada data yang ada. Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, setiap tahun kurang lebih 900 ribu sarjana lulus dari empat ribu perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Sementara  setiap tahun, calon pegawai negeri sipil yang direkrut tidak lebih dari 50 ribu. Dari jumlah itu, sarjana yang dibutuhkan hanya sekitar 20 ribu. Tak lebih dari satu persen sarjana lulusan baru yang diterima bekerja di instasi pemerintah.

Apa yang disampaikan wakil presiden tentu dilatar belakangi alasan tertentu. Pada tahun 2017 ini, jumlah pelamar calon pegawai negeri sipil Indonsia mencapai 2,43 juta orang. Pelamar tersebut bersaing untuk memperebutkan sekitar 37.000 formasi. Bisa  dikatakan, satu posisi diincar oleh 65 pelamar.

Melihat persaingan yang cukup tinggi, sudah seharusnya lulusan sarjana baru  melihat peluang lain. Menurut wakil presiden Jusuf Kalla, lowongan pekerjaan paling terbuka dan tidak terbatas ialah dunia usaha. Pada sektor ini, sarjana lulusan baru punya peluang untuk mengembangkan kreasi dan inovasinya.  Saat ini, peluang untuk melaksanakan bisnis dalam jaringan (online) terbuka lebar. Pengetahuan, keterampilan dan keahlian, apalagi bila ditambah pengalaman, akan mengantarkan   sarjana untuk  bisa menjadi professional yang handal,  siap merencanakan strategi  untuk meningkatkan pendapatan. Hal lain yang patut diperhitungkan  untuk bisa mengembangkan dan berhasil di dunia usaha adalah mengembangkan usaha yang berbasis jaringan (on-line business) melalui  internet termasuk media sosial. Semoga sarjana  Indonesia mampu membuka peluang kerja bagi rakyat Indonesia lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00