• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Pemandian Yeh Sanih, Bali

6 November
09:40 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA meski Bali terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, jangan habiskan waktu liburan anda dengan hanya mengunjungi pantai-pantai indah di Bali, karena di Bali juga terdapat spot wisata menarik lainnya, salah satunya adalah Pemandian Yeh Sanih.

Kolam renang Yeh Sanih terletak di Desa Sanih, Kecamatan Kubutambahan yang berjarak sekitar 17 kilometer di sebelah timur Kota Singaraja, Bali. Sejak tahun 1930 Air Sanih sudah mulai terkenal sebagai objek wisata bagi penduduk lokal.

Yeh Sanih berarti Air Sanih, kata Yeh dalam bahasa Bali berarti Air. Yang membedakan wisata kolam renang Air Sanih dengan wisata kolam renang lainnya di Bali adalah airnya yang sangat alami. Air di kolam renang Air Sanih berasal dari sumber mata air asli yang biasa disebut dengan Yeh Kelebutan.

Sumber mata airnya berasal dari aliran sungai bawah tanah yang berasal dari Danau Batur. Air dari sumber air ini sangat sering dipakai untuk upacara agama Hindu. Sumber mata air ini muncul di bagian selatan dari kolam dewasa, tepatnya di bawah pohon kamboja yang berdekatan dengan sebuah pura tempat pemujaan Dewa Wisnu.

Kolam renang Yeh Sanih terdiri dari 2 buah. Satu kolan renang untuk orang dewasa, karena kedalamannya mencapai 1,5 meter, dan satu kolam lainnya untuk anak-anak, karena kedalamannya hanya seukuran paha orang dewasa.pemandian Yeh Sanih ini tergolong unik, karena airnya tidak asin, padahal lokasinya sangat dekat dengan Pantai Lovina. Selain itu, ada mitos yang menyebutkan bahwa, jika pasangan muda mandi di kolam Yeh Sanih, maka hubungan mereka akan semakin langgeng. Dan mitos tersebut masih dipercaya hingga sekarang.

karena lokasinya berdekatan dengan pantai Lovina, maka ketika berkunjung ke Yeh Sanih, anda juga bisa sekaligus beriwisata ke pantai ini. Selain itu, di kawasan Yeh Sanih juga ada area tempat ziarah bagi umat Katholik yakni Goa Maria Air Sanih.

Untuk menuju ke goa tersebut, Anda akan melewati jembatan kecil. Dan sekitar 20 meter disebelah kanannya ada petunjuk Pakraman, Banjar Yeh Sanih. Dan tidak jauh dari sana, Goa Maria Air Sanih sudah terlihat. Untuk masuk dan berwisata ke Yeh Sanih, anda hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 4.000 untuk orang dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak, serta Rp. 5.000 jika anda ingin menyewa loker.demikian Pesona Indonesia edisi kali ini tentang Pemandian Yeh Sanih dari Bali. Kita akan berjumpa kembali esok dengan topik-topik menarik lainnya. Sampai Jumpa.// Ihsan 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00