• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Pantai Oetune , NTT

5 November
09:49 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Indonesia adalah negara kepulauan, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi kepulauan di  Indonesia. Pulau-pulau yang ada  di Nusa Tenggara Timur adalah Flores, Sumba, Timor, Alor, Rote dan sabu. Di pulau Timor ada enam daerah otonom, yaitu Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu dan Kabupaten Malaka. Wilayah-wilayah ini berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. Kabupaten  Timor Tengah Selatan memiliki karakteristik masyarakat wilayah pegunungan maupun pantai yang sangat unik. Keadaan  geografi dan topografi yang sangat luar biasa dan besar potensinya  termasuk  wisatanya?

Pantai  Oetune adalah salah satu daerah yang indah di  Kabupaten  Timor Tengah Selatan.  Tepatnya terletak di kecamatan Amanuban Selatan .

bila anda berangkat dari kota Kupang menuju Pantai Oetune dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Dalam perjalanan anda akan melewati  jalan yang berkelok-kelok, naik turun bukit dan lembah. Begitu memasuki gerbang menuju Pantai Oetune anda akan melihat beberapa lopo, yang merupakan sebutan untuk rumah khas warga kabupaten Timor Tengah Selatan, yang berjajar rapi. Di Lopo ini  pengunjung bisa beristirahat atau pun menikmati bekalnya. Sebelum  masuk Pantai Oetune ini, di gerbang anda harus membayar Rp. 3000  per orang , sedangkan untuk motor  Rp. 1000.

pada waktu anda menjelajah Pantai Oetune pasti akan merasa tercengang, karena melihat bentangan pasir yang halus, bersih dan luas. Ada yang mengatakan pemandangan seperti ini  mengingatkan  akan keindahan Pantai Kuta yang berada di Bali.

Selain pasirnya yang lembut, Pantai Oetune juga memiliki karakteristik  gelombang pecah  yang unik. Gulungan ombaknya  yang susul menyusul sekitar empat kali dalam semenit.

Dari Lopo tempat pengunjung beristirahat, bila berjalan ke arah kanan, akan tampaklah hamparan bagaikan gurun pasir.

deretan pohon cemara berdiri di sepanjang pantai dan di sisi kanan ada beberapa gundukan bukit pasir yang berbukit-bukit tampak menciptakan pemandangan yang saling melengkapi. Indah sekali. Gundukan-gundukan pasir yang berbukit-bukit menjadi paduan menarik dengan hamparan pasir yang panjang  dan laut yang berwarna hijau biru. Pasir-pasir ini sangat lembut dan mudah bergerak. Oleh karena itu harus berhati-hati bila anda berjalan di atasnya.

Bila anda hendak mengunjungi pantai Oetune, anda terlebih dahulu harus melihat waktunya. Karena di bulan-bulan tertentu ombak di pantai Oetune ini juga bisa menjadi besar, mengingat letaknya pantai ini berada di sisi selatan dari pulau Timor.  Bahkan di pantai ini anda bisa mendirikan tenda, untuk menikmati suasana pantai di malam yang cerah.

Kita akhiri Pesona Indonesia hari ini, dengan topik Pantai Oetune yang terdapat di kabupaten Timor Tengah Selatan. Dalam perjalanan menuju Pantai Oetune ini, pada waktu melewati persawahan, anda juga bisa membeli dan menikmati  semangka yang berwarna hijau gelap. Semangka ini bisa membantu menghilangkan dahaga anda selama dalam perjalanan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00