• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pesona Indonesia

Desa Tumbak, Sulawesi Utara

4 November
09:41 2017
0 Votes (0)

VOI PESONA INDONESIA Selama ini hanya Taman Laut Bunaken yang menjadi primadona pariwisata di Sulawesi Utara, padahal di Sulawesi Utara masih mempunyai banyak destinasi wisata, salah satu surga wisata yang tidak kalah menariknya dengan destinasi wisata lainnya adalah   Tumbak.

Desa Tumbak terletak di kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, sekitar 3 jam perjalanan dari  kota Manado. Desa Tumbak mempunyai ciri khas  berupa perkampungan dengan rumah berderet di atas air. Tumbak sendiri merupakan akronim dari tumbuhan Bakau yang luasnya  mencapai  1 hektar dan  mendominasi sebagian besar wilayah desa Tumbak ini.

ketika sampai di Desa Tumbak, anda bisa melanjutkan perjalanan ke pulau Tumbak  dengan menggunakan perahu. Jasa sewa perahu banyak dijumpai di dermaga Desa Tumbak. Desa tradisional ini kebanyakan penduduknya berprofesi  sebagai nelayan dan membuka jasa penyewaan perahu.  Lokasi Pulau Tumbak tidak terlalu jauh dari dermaga, anda hanya membutuhkan waktu kira-kira 10 menit dengan menggunakan perahu motor nelayan untuk sampai di    Pulau Tumbak.

Pulau Tumbak berbeda dengan Desa Tumbak.  Pulau Tumbak tidak berpenghuni  dan mempunyai luas kurang dari 1 hektar. Meski berukuran kecil, Pulau Tumbak menawarkan berbagai aktivitas wisata bahari karena keindahan alamnya yang masih sangat  alami.

pulau Tumbak memiliki bukit. Dari atas bukit ini, pengunjung bisa menyaksikan hamparan laut biru dengan gugusan pulau yang berjajar indah di perairan tenggara Sulawesi Utara.  Selain bukit, Pulau Tumbak juga memiliki padang savana yang belum banyak dijamah oleh manusia. Diselingi rimbunnya pohon, padang savana,  Pulau Tumbak menjadi kawasan yang cocok bagi mereka yang mendambakan tempat hening di tengah pulau.

Diperkaya spot snorkeling yang banyak, Pulau Tumbak merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menawarkan paket wisata bahari yang lengkap. Selain snorkeling, di  pulau Tumbak ini pengunjung  juga bisa memancing dan menyelam. Pemandangan bawah laut Pulau Tumbak yang sangat menawan makin membuka mata banyak wisatawan.

bila anda ingin  mengeksplorasi keindahan Tumbak,  anda harus menyiapkan waktu sekurang-kurangnya 2 hari. Selain keindahan bawah laut yang menyuguhkan pemandangan beragam jenis ikan, mata anda juga akan dimanjakan dengan  hamparan karang  yang cantik dan berwarna warni.  Selain menikmati keindahan bawah  bawah laut,  anda bisa menikmati keindahan alam di Tumbak dengan  pulau-pulau cantik yang  berpasir putih yang berada di sekitar  perkampungan di atas air seperti pulau  baling-baling dan pulau ponteng,

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00