• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pelangi Nada

Seulanga

3 November
09:24 2017
0 Votes (0)

Seulanga dalam bahasa Aceh berarti Kenanga, atau bunga kenanga. Bunga sering diidentikan dengan perempuan yang cantik, begitu pula dengan lagu ini. Kecantikan perempuan terkadang membuatnya diganggu oleh kumbang atau laki-laki. Lagu ini juga membawa pesan bahwa kecantikan pasti akan luntur atau hilang.

Lagu Seulanga telah mengantarkan Rafly pada popularitasnya, khususnya di Aceh. Pria yang lahir di Samadua, Aceh Selatan pada tahun 1967  ini berani tampil beda dari penyanyi Aceh lainnya. Dibesarkan dalam keluarga seniman yang mendalami musik tradisional, membuat Rafly menggali khazanah musik tradisional Aceh dan kemudian memadukannya dengan musik modern. Sejak tahun 1989 Rafly berkosentrasi di jalur musik cadas ala Aceh ini.Kegiatan seninya sempat berhenti saat dia menjadi guru hingga tahun 2000. Baiklah saudara, berikut kita dengarkan sebuah lagu berjudul “Aneuk Yatim” dibawaka oleh Rafly. 

“Aneuk Yatim” dalam bahasa Aceh berarti anak yatim. Pada peristiwa tsunami meluluhlantakkan Aceh pada tahun 2004 silam, lagu berjudul Anak Yatim, yang mirip rintihan itu mampu membawa emosi sebagian masyarakat Indonesia. Walaupun liriknya tidak menceritakan dasyatnya tsunami yang melanda Aceh, namun lagu ini seolah mewakili kondisi Aceh saat itu. Banyak orang yang kehilangan anggota keluarganya, termasuk kehilangan ayahnya. Lagu ini diputar berulang-ulang oleh stasiun televisi swasta di Indonesia pasca bencana yang menelan banyak korban itu.

Pada tahun 2000 Rafly mulai membentuk grup musik yaitu Grup Kande walaupun kadang - kadang ia sering tampil solo. Perjalanan kariernya tidaklah mudah. Penolakan dari produser dan pemodalpun pernah dirasakannya. Berbagai alasan penolakan produser mengatakan lagu Rafly bahasanya bercampur bahasa Aceh dan Indonesia. Dia bahkan datang ke warung-warung kopi dan menanyakan pendapat para pengujung tentang lagunya. Cara ini cukup efektif untuk mengetahui minat masyarakat Aceh terhadap musik. Setelah itu Rafly merilis album perdana berjudul Hasan dan Husen yang terjual 70 ribu kopi kaset dan ratusan ribu keping VCD. Demikian juga dengan album-album berikutnya yang ditunggu kehadirannya oleh masyarakat. Wati 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00