• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

4 November
12:13 2017
0 Votes (0)

VOI HARI INI DALAM SEJARAH Agus Salim adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia. Nama Agus Salim mulai berkibar di pentas politik nasional saat bergabung dengan Sarekat Islam, organisasi massa modern yang dipimpin oleh Tjokroaminoto, pada 1915. Selain Sarekat Islam, Agus juga tercatat sebagai pendiri Jong Islamieten Bond. Jelang kemerdekaan, ia menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Setelah merdeka, Agus menjabat di sejumlah lembaga tinggi pemerintahan seperti anggota Dewan Pertimbangan Agung, Menteri Muda Luar Negeri dalam Kabinet Syahrir I dan II, dan Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Amir Sjarifuddin. Pada 4 November 1954 di Jakarta, Agus Salim meninggal dunia, dan  dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Atas jasa-jasanya, Presiden Soekarno menganugerahi gelar pahlawan nasional pada 1961. 

4 November 1995, Perdana Menteri Yitzhak Rabin  Terbunuh.

Yitzhak Rabin tewas akibat tiga tembakan dari jarak dekat yang diarahkan ke perut dan dadanya. Pembunuhan dilakukan usai Yitzhak Rabin mengikuti aksi unjuk rasa damai di Tel Aviv untuk mendukung pemerintahan Israel yang dipimpinnya. Sebenarnya unjuk rasa yang diikuti Rabin dan ribuan pengikutnya sudah dijaga ekstra ketat.  Tetapi, Polisi Israel kecolongan, karena mereka mengizinkan kelompok sayap kanan untuk masuk di area demo. Kelompok itu merupakan grup yang menolak pembicaraan damai Israel-Palestina. Tak lama setelah penembakan, pelaku pembunuhan, Yigal Amir, berhasil ditangkap. Dalam pengakuannya, pelaku yang berusia 27 tahun ini menyatakan sama sekali tidak menyesali perbuatannya tersebut. 

4 November  2010 Aero Caribbean Penerbangan 883 Jatuh, Menewaskan 61 Penumpang Dan 7 Awak Pesawat. 

Aero Caribbean Penerbangan 883 adalah penerbangan Internasional berjadwal dari Port-au-Prince, Haiti, menuju Havana, Kuba, melalui Santiago de Cuba. Pada 4 November 2010, pesawat itu jatuh di tengah provinsi Kuba bernama Provinsi Sancti Spíritus, menewaskan seluruh  penumpang, 61 orang dan 7 awak pesawat. Sehari setelah kecelakaan, pekerja penyelamat menemukan perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit. Semuanya dikirim kepada penyelidik untuk pemeriksaan dan analisis.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00